Berikut Penjelasan BMKG Terkait Viral Matahari di Jeneponto Terbit dari Utara

Herman Amiruddin, Okezone · Kamis 17 Juni 2021 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 609 2426948 berikut-penjelasan-bmkg-terkait-viral-matahari-di-jeneponto-terbit-dari-utara-uEN0FQabxE.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar memberikan penjelasan terkait video viral, yang direkam seorang guru di sebuah sekolah di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, terkait matahari terbit dari utara.

Baca juga:  Viral! Matahari Terbit dari Utara di Jeneponto Sulsel Dikaitkan dengan Kiamat

Prakirawan BMKG, Rizky mengatakan, sebenarnya dalam rekaman video viral itu, matahari terbit dari timur, namun kata dia dalam gerakan matahari ke barat, condong di sisi utara, lantaran tidak berada pada garis khatulistiwa.

"Tetap bergerak dari timur ke barat, akan tetapi condongnya bergerak di sebelah utara. Jadi tetap terbit dari timur, tetapi perjalanan ke barat dia lewat jalur utara, bisa dikatakan seperti itu," kata Rizky kepada wartawan di Makassar.

Baca juga:  UNS Solo Lockdown, Pasca-3 Dosen Meninggal Akibat Covid-19

Rizky menjelaskan, bahwa fenomena itu memang biasa terjadi mulai pada bulan Maret dan puncaknya terjadi pada Juni dan berakhir pada September di tiap tahunnya.

"Jadi nanti setelah September menuju Oktober, November, Desember, dia bergeraknya perlahan-lahan dari timur ke barat lewat arah selatan," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini