Sejumlah Negara di Asia Pasifik Sukses Atasi Covid-19, Kini Kewalahan Hadapi Wabah

Agregasi BBC Indonesia, · Sabtu 19 Juni 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 18 2427563 sejumlah-negara-di-asia-pasifik-sukses-atasi-covid-19-kini-kewalahan-hadapi-wabah-RsTRKyUaxA.jpg Pandemi virus Corona kembali mewabah di Taiwan.(Foto:BBC)

TAIWAN - Jepang telah lama berhasil menghalau virus Covid-19 memasuki wilayah mereka. Selain itu Australia, Selandia Baru, Singapura, Vietnam, Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan termasuk negara-negara di kawasan Asia Pasifik yang selama ini dipuji akan penanganan pandemi, beberapa di antaranya berada di peringkat terbaik dunia.

Seluruh wilayah itu mampu mengatasi Covid-19 pada tahun 2020 melalui tindakan agresif seperti penguncian ketat dan pelacakan kontak, yang kemudian sering direplikasi negara-negara lain di seluruh dunia.

Namun di tahun kedua pandemi, mereka ditantang oleh isu-isu baru. Varian yang lebih kuat telah menembus pertahanan yang mapan, menciptakan wabah terburuk di beberapa negara.

Baca Juga: Sudah Gandeng Amerika, Terawan Kecewa Vaksin Nusantara Tak Boleh Dilanjutkan

Sementara itu, banyak bagian dunia lain yang tampaknya maju pesat dengan program vaksinasi mereka dan mulai membuka diri lagi secara bertahap.

Itu berarti bahwa banyak dari negara-negara yang sebelumnya berhasil menghalau Covid ini sekarang menghadapi kritik bahwa mereka tidak memiliki rencana yang solid untuk keluar dari pendekatan tanpa kasus mereka - dan bahwa mereka tidak dapat bersembunyi dari dunia selamanya.

Keberhasilan awal

Pertama, mari kita lihat bagaimana negara-negara ini berhasil memerangi Covid pada awal pandemi. Peta di bawah ini menunjukkan jumlah kasus dan kematian yang jauh lebih rendah ketimbang kebanyakan negara lain.

Menutup perbatasan adalah salah satu dari langkah pertama yang paling efektif, yang diambil oleh delapan wilayah tersebut di atas ketika virus pertama kali mencapai perbatasan mereka.

Fakta bahwa banyak di antara wilayah tersebut adalah kepulauan membuat kontrol perbatasan relatif mudah.

Kebijakan perbatasan yang ketat berarti melarang hampir seluruh orang yang memasuki wilayah itu, atau mewajibkan karantina mandiri dalam jangka waktu lama guna memastikan virus tak akan menyebar ke populasi di wilayah itu.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini