Share

BMKG: Potensi Tsunami Laut Selatan Jawa Barat, 55% Gempa Terjadi di Laut

Arif Budianto, Koran SI · Senin 09 Agustus 2021 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 525 2452953 bmkg-potensi-tsunami-laut-selatan-jawa-barat-55-gempa-terjadi-di-laut-mEe4c4Djwa.jpg (Foto: Reuters)

BANDUNG - Gempa bumi yang terjadi di laut selama bulan Juli 2021 sangat tinggi intensitasnya. Untuk itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan masyarakat agar lebih waspada atas potensi terjadinya tsunami di laut selatan Jawa Barat.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Klas I Bandung Teguh Rahayu, kejadian gempa bumi di Jawa Barat tercatat sebanyak 49 gempa bumi. Besaran magnitudo bervariasi antara 1.4 sampai 4.0 yang mayoritas terjadi di lautan.

Baca juga: Penumpang di Terminal Tanjung Priok Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin


Baca juga: Viral Petugas Pemakaman Pakai APD Lengkap Masuk ke Liang Kubur

"Secara lokasi pusat kejadian gempa bumi lebih dari separuhnya terjadi di laut atau sekitar 55% dari keseluruhan gempa bumi yang terjadi. Sehingga wilayah pantai selatan Jawa Barat berpotensi terjadinya tsunami yang diakibatkan oleh gempa bumi," kata dia, Senin (9/8/2021).

Teguh menjelaskan, dari 49 kali gempa bumi, sebanyak 41 kejadian adalah gempa bumi dangkal (H<60 km), 7 kejadian gempa menengah (60≥ H < 300 km), dan gempa dalam (H≥ 300 km) 1 kejadian.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Gempa bumi terjadi di darat yang disebabkan oleh aktivitas sesar ada sebanyak 15 kejadian. 4 diantara akibat aktivitas sesar Cimandiri dan 1 kejadian akibat sesar Garsela sedangkan 1 kejadian lagi akibat sesar lokal di daerah Kota Banjar yang belum teridentifikasi," jelas dia.

Dirinya menjelaskan, pada periode tersebut tak terdeteksi adanya aktivitas sesar Lembang. Namun, kejadian gempa bumi beberapa sesar lainnya, kata dia, menandakan bahwa sesar yang ada di wilayah Jawa Barat adalah sesar aktif yang perlu diwaspadai oleh masyarakat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini