Share

Gubernur Olly : Masyarakat Sulut Sudah Mulai Terbiasa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Subhan Sabu, Okezone · Rabu 18 Agustus 2021 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 340 2457089 gubernur-olly-masyarakat-sulut-sudah-mulai-terbiasa-hidup-berdampingan-dengan-covid-19-mt7HjUaErH.jpeg Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (MNC Portal/Subhan Sabu)

MANADO - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyebut masyarakat sudah mulai membiasakan diri untuk hidup berdampingan dengan virus corona (Covid-19) sejak awal tahun.

"Sejak Januari kemarin, walaupun ada PPKM, kita sudah mulai membiasakan masyarakat dengan kehidupan beriringan, berdampingan dengan Covid-19. Ada Covid, tetapi ekonomi juga jangan berhenti. Harus jalan terus terutama UMKM-UMKM sehingga ekonomi masyarakat betul-betul bisa dirasakan walaupun memang ada terdampak secara langsung," tutur Gubernur Olly dalam Webinar Seri bertema "Daerah Tangguh, Daerah Tumbuh", Selasa (17/8/2021).

Olly menyebut sektor paling terdampak pandemi adalah pariwisata. Tempat-tempat hiburan tutup total sehingga sangat berdampak terhadap pelaku-pelaku seni.

"Ini yang kita dorong kembali mereka kembali ke kampung melakukan inovasi-inovasi di bidang pertanian dengan pemerintah menyiapkan sarana-sarana pemasarannya salah satunya kita ekspor. Ini yang bisa kita lakukan sampai hari ini sehingga kepastian pasar itu ada," ucap Gubernur Olly.

Ia menjelaskan, sektor pertanian menyumbang 23 persen pertumbuhan ekonomi pada pada triwulan I. Begitu juga pada triwulan II meningkat sehingga langsung berdampak pada menyerap tenaga kerja.

Baca Juga : Genjot Ekonomi di Tengah Pandemi, Gubernur Olly Tingkatkan Sektor Pertanian dan Perdagangan

"Karena sektor-sektor ini saya melihat dalam waktu jangka pendek sektor pertanian ini yang akan mempercepat tumbuhnya ekonomi di semua kabupaten/kota. Ini yang saya melihat pertumbuhan ekonomi di Sulut itu di 15 kabupaten/kota itu merata menyumbangkan pertumbuhan ekonomi, karena rata-rata di 15 kabupaten/kota ini meningkatkan lahan-lahan pertanian," ujar Olly.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini