Genjot Ekonomi di Tengah Pandemi, Gubernur Olly Tingkatkan Sektor Pertanian dan Perdagangan

Subhan Sabu, Okezone · Rabu 18 Agustus 2021 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 340 2457057 genjot-ekonomi-di-tengah-pandemi-gubernur-olly-tingkatkan-sektor-pertanian-dan-perdagangan-bkGp3GbPKD.jpeg Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (MNC Portal/Subhan Sabu)

MANADO - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey terus menggenjot perekonomian di daerahnya pada masa pandemi virus corona (Covid-19). Gubernur Olly terus meningkatkan ekspor hingga mengajak masyarakat untuk kembali bertani.

Olly menyebut, pihaknya akan meningkatkan pertanian, perdagangan, dan konstruksi sehingga anggaran lebih cepat terserap.

"Tadi awal-awal Pak Hary Tanoesoedibjo bilang Sulawesi Utara berada di posisi yang sangat strategis, karena kita punya daerah pemasaran yang bagus. Misalnya ke Tokyo langsung sama ke Singapura kita membuka kerja sama dengan Garuda. Kita dorong agar industri perikanan hidup sehingga kita melakukan ekspor di saat-saat pandemi ke Singapura maupun ke Tokyo," kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam Webinar Seri Pertama : Daerah Tangguh, Daerah Tumbuh, Selasa (17/8/2021).

Selain ke luar negeri, pihaknya juga memasarkan produk ke Maluku Utara dan Sulawesi Tengah yang merupakan industri besar dan masa depan. Sulut menyuplai hasil pertanian dan peternakan ke dua daerah tersebut.

"Kita juga mengajak masyarakat untuk turun kembali bertani. Kita memberikan insentif karena banyak pengangguran terjadi, kita dorong kembali ke kampung kita memberikan motivasi. Salah satunya kalau mereka kembali bertani, kita kasih premi asuransi tani dan premi asuransi ternak," ujar Olly.

Baca Juga : Olly Dondokambey Apresiasi KPK Kawal Optimalisasi Pemanfaatan Aset Kemsetneg di TMII

Ia menjelaskan, dengan pemberian asuransi tersebut, jika nantinya mereka gagal bertani, kerugiannya ditanggung asuransi. Dengan hal ini diharapkan masyarakat kembali mau bertani. Nantinya permodalan dibantu lewat Kredit Usaha Rakyat.

"Jadi permodalannya di-back up full oleh bank. Kegiatannya kita bantu sejak bibit pupuk dan alat-alat pertanian. Itu yang bikin motivasi sehingga masyarakat mau pulang ke kampung untuk melakukan pertanian. Di samping itu infrastruktur menuju ke daerah-daerah pertanian kita buka, baik memberikan dana hibah kepada kabupaten kota untuk mereka melakukan pembukaan jalan-jalan pertanian," tutur Olly.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini