Share

Evakuasi Pertama Australia dari Afghanistan Telah Tiba di Perth

Agregasi VOA, · Jum'at 20 Agustus 2021 22:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 18 2458739 evakuasi-pertama-australia-dari-afghanistan-telah-tiba-di-perth-c5vp99nTKD.jpg Evakuasi Australia dari Afghanistan telah tiba (Foto : VOA/AP)

PERDANA Menteri Scott Morrison mengatakan, Jumat (20/8/2021), penerbangan evakuasi pertama dari Afghanistan yang membawa warga Australia dan warga Afghanistan pemegang visa Australia mendarat di Perth.

Morrison mengatakan 94 orang diterbangkan dari pangkalan militer Australia Al Minhad di Uni Emirat Arab (UEA) ke Perth, di mana mereka kemudian ditempatkan di hotel untuk menjalani karantina wajib.

Ia juga mengatakan operasi evakuasi saat ini berlanjut dengan 60 orang lagi diterbangkan dari Kabul ke UEA. Penerbangan-penerbangan evakuasi selanjutnya akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang.

Dalam pernyataannya kepada wartawan ketika menyambut kedatangan kelompok evakuasi pertama, Morrison mengatakan situasi di Kabul masih kacau dan personel Angkatan Pertahanan Australia tidak dapat beroperasi di luar bandara.

"Situasi di Kabul masih kacau. Kami terus-menerus mencari orang-orang yang harus kami evakuasi,“ katanya. “Operasi di luar bandara tidak mungkin dilakukan. Melakukannya hanya akan menempatkan mereka pada risiko besar, tanpa manfaat yang sepadan."

Sementara itu, puluhan orang menggelar aksi renungan di Brisbane pada Kamis malam untuk mendukung orang-orang di Afghanistan.

Baca Juga : WNI dari Afghanistan Tiba di Indonesia Pukul 02.00 WIB Dini Hari

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini