6.198 Anak di Jatim Jadi Yatim Piatu Akibat Dampak Covid-19

Ali Masduki, Koran SI · Jum'at 17 September 2021 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 519 2472984 6-198-anak-di-jatim-jadi-yatim-piatu-akibat-dampak-covid-19-iHgArogKeZ.jpg Foto: Antara

SURABAYA - Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif bagi segala aspek kehidupan, terlebih virus ini juga telah banyak merenggut banyak nyawa. Efek dari hal tersebut banyak anak- anak yang menjadi yatim piatu akibat kehilangan orangtua mereka.

(Baca juga: Aksi Senyap Prajurit TNI Tewaskan Komandan KBB Teroris Elly Bidana)

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan /DP3AK Prov Jawa Timur mencatat hingga Senin (16/8), ada 6.198 anak-anak di Jatim jadi yatim piatu akibat Covid-19.

Hal tersebut memicu semangat dari berbagai elemen masyarakat maupun aparatur negara untuk saling bantu membantu dan bersinergi dalam mengatasi efek pandemi Covid-19 ini.

(Baca juga: Mesin Mati, 10 ABK Terombang-ambing di Perairan Halmahera Selatan)

Dirlantas Polda Jatim bersama pihak swasta, memberikan bantuan sosial untuk anak-anak yang kehilangan orang tua mereka akibat covid 19 berupa santunan senilai Rp100 juta.

Bantuan ini diserahkan secara simbolik dan langsung didonasikan untuk anak-anak terdampak Covid-19. Hal ini diselaraskan dengan acara Vaksinasi dan Pengangkatan Orang Tua Asuh Yatim Piatu yang diselenggarakan oleh Dirlantas Polda Jatim.

Di hari ulang tahunnya ke-66 yang mengambil Tema Polantas yang Presisi, Tangguh, dan Tumbuh di Era Kenormalan Baru, Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur berkolaborasi dengan lembaga masyarakat, forum anak, dan pemangku kepentingan lainnya menginisiasi upaya pemulihan psiko sosial terpadu bagi anak-anak dengan orang tua meninggal karena Covid-19.

Melalui Program “SAPA SAYA” (Satu Polantas, Satu Anak Yatim Piatu) ini anak-anak yang menjadi yatim/piatu tersebut, akan segera mendapat pendampingan psikologis dari seluruh anggota lalu lintas seluruh Jawa timur yang berjumlah 5.024 orang untuk dilakukan assessment dan penguatan psikis selama pandemi berlangsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini