Unik, Sekelompok Pendeta 'Druid' Berkumpul Rayakan Datangnya Panen

Vanessa Nathania, Okezone · Jum'at 24 September 2021 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 18 2476318 unik-sekelompok-pendeta-druid-berkumpul-rayakan-datangnya-panen-WZIKSMfRrr.jpg Pendeta 'druid' berukumpul rayakan panen (Foto: EPA/EFE/REX)

INGGRIS – Pemandangan tak biasa terjadi beberapa waktu lalu. Sekelompok 'druid', sebuah kasta pendeta Keltik, berkumpul di London untuk mengadakan upacara merayakan ekuinoks musim gugur, menandai datangnya panen pada Rabu (22/09) lalu.

Anggota The Druid Order, mengenakan jubah putih dan berjalan dalam barisan, mengadakan upacara tahunan mereka di Primrose Hill di barat laut London.

Upacara kuno itu sendiri dimulai pada tahun 1717, meskipun The Druid Order adalah kelompok kontemporer yang didirikan pada 1909 oleh George Watson MacGregor Reid.

Ekuinoks musim gugur adalah saat matahari muncul tepat di atas khatulistiwa, yang berarti bahwa siang dan malam kira-kira sama panjangnya untuk semua orang di seluruh dunia. Biasanya terjadi antara tanggal 22 dan 24 September.

 (Baca juga: Pendeta Ini Klaim Setan Bisa Kirim Pesan SMS yang Mengancam)

Tahun ini, terjadi pada pukul 20.20 waktu setempat kemarin. Hal yang sama terjadi lagi pada Maret lalu untuk ekuinoks musim semi. Druid melihat ekuinoks musim gugur sebagai awal tahun mereka.

"Ini adalah awal dari tahun Druid, ketika siang dan malam sama. Festival panen, ketika kuasa surga berada di dalam buah-buahan di bumi, dan kamu menuai apa yang kamu tabor,” terang pernyataan di situs web The Druid Order.

 (Baca juga: Napi Ini Minta Pendeta Pegang Tangannya Sebelum Disuntik Mati)

"Kamu melihat realitas penuh, apa yang kamu buat dari impian, proyek dan rencanamu, realitas aktual, kebenaran yang memberikan pemahaman dan kebijaksanaan,” lanjut pernyataan itu.

“Awal dari tahun ajaran, pekerjaan batiniah, asimilasi dan refleksi independen yang nantinya akan menjadi dasar yang tepat untuk memilih dan menabur benih,” terangnya.

"Proses penguburan musim gugur, hari penghakiman, Libra, tanda keseimbangan, udara kardinal yang terjadi dengan sendirinya,” tambahnya.

Referensi paling awal untuk druid berasal dari abad keempat SM. Mereka awalnya anggota kelas tinggi dalam budaya Keltik kuno, menelusuri asal-usul mereka ke Wales, dan bisa menjadi pemimpin agama, profesional medis, profesional hukum, dan penasihat politik antara lain.

Secara historis, druid telah menghadapi periode penganiayaan, pertama di tangan Kaisar Romawi setelah invasi mereka ke Galia selama abad ke-1 M, dan kemudian di sini selama abad ke-12 dari Gereja Roma.

Saat ini The Druid Order menjalankan kelas mingguan tentang filsafat dan agama di sebuah rumah yang mereka miliki di London selatan.

Ada manfaat lain yang dinikmati oleh druid modern juga. Beberapa dari kelompok itu melindungi mata mereka dari matahari ekuinoks yang menyilaukan dengan kacamata hitam, sama ketika nenek moyang kuno mereka akan berjuang untuk melakukannya.

Lebih dari 200 grup druid masih ada di seluruh dunia dan mereka terbuka untuk siapa saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini