Gempa M4,6 Guncang Sumba, Warga Berlarian Keluar Rumah

Dion Umbu Ana Lodu, iNews · Minggu 24 Oktober 2021 00:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 340 2490713 gempa-m4-6-guncang-sumba-warga-berlarian-keluar-rumah-3xofJ3H4Ye.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SUMBA BARAT DAYA Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo (M) 4,6 mengguncang Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, Sabtu (23/10/2021), pukul 22:58 Wita.

Berdasarkan hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini terletak pada koordinat 9,64° Lintang Selatan dan 119,00° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 5 km Tenggara Sumba Barat Daya, NTT pada kedalaman 10 km.

Gempa tersebut sempat membuat sejumlah warga berhamburan keluar rumah.

“Saya tinggal di Waikello, tadi waktu gempa terjadi kaget juga kami, dan langsung lari keluar rumah. Walau kini sudah tidak lagi terasa guncnagan, tapi kami masih waspada, jangan sampai ada susulannya,” jelas daud saat dihubungi.

Baca juga: Gempa Magnitudo 3,1 Guncang Piru Maluku

Daikui Daud, yang juga koordinator bidang informasi dan komunikasi sekolah lapang itu bahwa gempa ini sempat membuat warga cemas sebab takut adanya tsunami.

“Ada warga yang juga panik dan takut tsunami tapi beruntung informasi dari BMKG cepat dan kami teruskan ke warga lainnya agar jangan panik karena tidak berpotensi tsunami,” timpalnya.

Baca juga: Pascagempa Bali, 3 Ruas Jalan Terdampak Longsor Sudah Bisa Dilewati

Dalam rilisnya, BMKG mengatakan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat aktifitas sesar Bondowatu di Sumba. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tambolaka III-IV MMI. Di mana warga merasakan nyata dalam rumah, getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Baca juga: Fenomena La Nina, BMKG Imbau Warga Jabar Waspada Bencana di Akhir Tahun

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini