5 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Berkualitas dan Bercita Rasa Unik

Tim Okezone, Okezone · Senin 22 November 2021 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 18 2505560 berkualitas-dan-bercita-rasa-unik-ini-5-jenis-kopi-indonesia-yang-mendunia-kzyuZKH7DM.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Saat ini mengonsumsi kopi bukanlah sesuatu yang dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk, tetapi juga sesuatu yang memberikan rasa nikmat, bahkan bisa meningkatkan semangat bagi banyak orang.

Hal inilah yang membuat kopi menjadi komoditas yang bernilai tinggi, terutama di Indonesia, yang merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, dengan beragam jenis kopi berkualitas.

BACA JUGA: Hari Kopi Sedunia: Ini 5 Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan

Kualitas kopi yang dihasilkan di Indonesia tidak diragukan lagi dan diminati banyak orang di berbagai negara, berikut beberapa di antaranya:

1. Kopi Toraja

Kopi Toraja, Kopi yang berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan, popularitasnya bukan hanya di Nusantara, namun hingga mancanegara. Kopi Toraja memiliki rasa yang unik dibandingkan dengan jenis kopi Nusantara lainnya.

BACA JUGA: Hari Kopi Sedunia: Menilik Sejarah Masuknya Kopi Ke Indonesia

Kopi Toraja memiliki perpaduan rasa cokelat, tembakau, dan karamel di tiap seduhan kopinya. Dipadukan dengan tekstur yang sangat halus dan aroma yang harum, kopi Toraja membuat setiap orang yang meminumnya menjadi lebih rileks.

2. Kopi Kintamani

Wilayah Kintamani, Bali dikenal sebagai salah satu penghasil kopi yang memiliki cita rasa unik. Kopi Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang cenderung asam dan segar, serta disukai banyak orang karena rasanya yang lebih lembut dibandingkan kopi jenis lainnya. 

3. Kopi Gayo

Kopi Gayo adalah salah satu jenis kopi Nusantara yang paling populer, baik di dalam negeri maupun mancanegara. Bahkan, kopi yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini menjadi jenis kopi yang paling banyak diekspor Indonesia ke mancanegara.  

Kopi yang dihasilkan di di dataran tinggi Gayo, Aceh ini memiliki aroma yang kuat dan gurih, serta tingkat keasaman yang rendah, yang disukai para penikmatnya.

4. Kopi Ciwidey

Kopi Ciwidey mendapat predikat sebagai kopi termahal di Indonesia karena rasa dan aromanya yang unik. 

kopi yang dihasilkan di di wilayah Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini memiliki rasa yang cenderung manis saat diminum. Ciri khas ini didapat dari proses pengolahan yang cukup panjang, yang dilalui untuk mendapatkan biji kopi yang berkualitas.

5. Kopi Mandailing

Sesuai namanya, kopi Mandailing dihasilkan di kawasan Mandailing Natal, Sumatera Utara, tepatnya di daerah Pekantan. 

Kopi ini diakui sebagai salah satu kopi terbaik di dunia karena cita rasanya yang khas, dengan tingkat keasaman yang rendah dan tingkat kekentalan yang tinggi.  

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini