Share

Surat Vaksinasi Permaisuri Rusia Terjual Seharga Rp18 Miliar

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 03 Desember 2021 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 18 2511226 surat-vaksinasi-permaisuri-rusia-terjual-seharga-rp18-miliar-0yRy60CQOw.jpg Lukisan potret Permaisuri Rusia Catherine the Great. (Foto: Sputnik)

LONDON - Sebuah lukisan potret Permaisuri Rusia Catherine II, yang dilukis oleh Dmitry Levitzky, telah terjual di pelelangan di London, Inggris seharga £951.000 (sekira Rp18 miliar), bersama sebuah surat yang ditulis kepada Pangeran Pyotr Rumyantsev tentang perlunya vaksinasi terhadap cacar.

Surat tertanggal 20 April 1787 itu dianggap sebagai dokumen pertama yang diketahui tentang kampanye vaksinasi di Rusia. Sebelum dijual, pada Rabu (1/12/2021), lukisan dan surat itu berada dalam koleksi pribadi, dan nama pemilik baru belum dirilis.

BACA JUGA: Viral Selembar Sertifikat Vaksin pada Zaman Kekaisaran Turki Usmani

Dalam pesan tersebut, Catherine II meminta Rumyantsev, seorang jenderal senior di Angkatan Darat Rusia, untuk mengatur vaksinasi massal untuk menghindari "bahaya besar, terutama pada orang biasa," dan menjuluki inokulasi sebagai "lembaga penting."

Catherine II diketahui telah divaksinasi pada 1768, 21 tahun sebelum surat itu, pada puncak epidemi di Rusia dan Eropa. Pada saat itu, ilmu pengetahuan mengadopsi metode variolasi, termasuk mengambil biomaterial dari seseorang yang sakit, dengan harapan akan terjadi infeksi ringan.

Metode ini, yang secara signifikan menurunkan angka kematian, tidak lagi digunakan saat ini.

BACA JUGA: Kabar Baik, Serbia Kini Akui Sertifikat Vaksin Coid-19 dari Indonesia

Surat itu dijual oleh rumah lelang MacDougall's yang berbasis di London, yang surat dan tanda tangannya telah diverifikasi.

Catherine II, umumnya dikenal sebagai Catherine yang Agung, adalah wanita paling lama berkuasa di Rusia dan dipuji karena merevitalisasi dan memodernisasi negara, mengubahnya menjadi salah satu kekuatan besar Eropa.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini