Share

3 Desa di Lahat Diterjang Banjir Bandang, Merusak Sawah dan Jembatan

Era Neizma Wedya, iNews · Selasa 21 Desember 2021 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 340 2520467 3-desa-di-lahat-diterjang-banjir-bandang-merusak-sawah-dan-jembatan-b7Hez5gZla.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

LAHAT - Banjir bandang menerjang tiga desa di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel), yakni Desa Penandingan, Desa Tanjung sakti, dan Desa Negeri Kaya.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel mengatakan, dampak dari banjir bandang ini membuat 20 puluhan rumah warga terendam banjir dan membuat warga harus mengungsi di tempat yang aman.

Ansori mengatakan bencana banjir bandang itu terjadi lantaran curah yang cukup deras di ketiga desa itu mulai 21 Desember pukul 12.00 WIB hingga sore hari yang membuat aliran sungai yang sempit membuat air langsung masuk ke pemukiman warga.

Pihaknya mencatat selain rumah warga terendam banjir, terdapat sembilan bidang sawah rusak parah, toga kebun kopi warga rusak ringan, 15 kolam ikan warga terdampak banjir, dan satu jembatan akses jalan warga hancur.

"Saat ini ketiga desa itu kami tetapkan status bencana tingkat sedang sejak kemarin. Untuk korban jiwa yang meninggal tidak ada," jelasnya.

Baca Juga : Bersihkan Sisa Banjir Lombok Barat, Polda NTB Kerahkan Personel Bantu Warga

Saat ini personel BPBD Lahat dibantu TNI, Polisi, dan perangkat desa langsung melakukan kaji cepat, pendataan warga, dan melakukan evakuasi warga dari banjir bandang.

"Laporan yang kami terima sekarang ini kondisi air mulai surut dan hujan pun mulai mereda," katanya.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini