Share

Pemerintah Izinkan Mudik, Daop 6 Yogya Siapkan 23 Kereta Lebaran 2022

Agregasi KR Jogja, · Minggu 03 April 2022 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 03 510 2572377 pemerintah-izinkan-mudik-daop-6-yogya-siapkan-23-kereta-lebaran-2022-GTrYZ6dw3e.jpg Foto: Okezone

YOGYAKARTA - Pemerintah memperbolehkan warga untuk dapat mudik saat Lebaran 2022 dengan sejumlah persyaratan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk Kereta Api (KA) jarak jauh yaitu 100 persen dan untuk KA Lokal yaitu 70 persen. Tiket KA pada masa angkutan lebaran juga masih cukup banyak tersedia.

(Baca juga: Jelang Ramadan, PT KAI Buka Penjualan Tiket Mudik)

PT KAI Daop 6 Yogya akan menjalankan 23 rangkaian kereta api (KA) untuk masa angkutan Lebaran 2022. Masa angkutan tersebut baru akan digulirkan pada 22 April hingga 13 Mei 2022, namun persiapan sudah dilakukan sejak awal.

Manajer Humas Daop 6 Yogya Supriyanto, mengatakan, 23 kereta lebaran tersebut merupakan KA yang akan berangkat dari wilayahnya.

“Selain 23 kereta api keberangkatan dari Daop 6 Yogya, masih ada 19 kereta api yang akan melintas. Itu semua bisa dimanfaatkan sesuai dengan tujuan yang dihendaki,” ujarnya.

Dikatakan dia, tiket KA Lebaran kini juga sudah bisa dipesan sejak H-45 keberangkatan. Pemesanan dapat dilakukan di berbagai kanal resmi seperti aplikasi KAI Access, website kai, loket stasiun dan lainnya. Calon penumpang pun diminta teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan.

“Kami juga meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api di masa angkutan Lebaran dari pemerintah. Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut sudah diterbitkan,” bebernya.

Supriyanto menambahkan, dalam rangka menghadapi angkutan lebaran tersebut pihaknya telah melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia. Salah satunya ‘ramp check’ atau inspeksi keselamatan di seluruh wilayah operasi kereta api bersama Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan stakeholder lainnya.

“Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api,” katanya.

Di samping itu, untuk menyelenggarakan angkutan lebaran di masa pandemi Covid-19 ini, KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan handsanitizer.

Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan.

“Momen angkutan lebaran ini tentu dirindukan masyarakat untuk kembali mudik ke kampung halaman. Kami mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan selalu menjaga protokol kesehatan,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini