Share

10 Fakta Menarik Brunei Darussalam, Bikin Ingin Jadi Warganya

Susi Susanti, Okezone · Rabu 13 April 2022 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 18 2578291 10-fakta-menarik-brunei-darussalam-bikin-ingin-jadi-warganya-MLZegkfVbz.jpg Brunei Darussalam (Foto: World Atlas)

BRUNEI - Negara kecil Brunei Darussalam memiliki banyak daya tarik bagi setiap orang. Negara ini memiliki salah satu ekonomi terkaya di Asia Tenggara. Cadangan minyak dan gas alam negara adalah sumber utama kekayaannya.

Berikut sepuluh fakta menarik Brunei Darussalam yang membuat orang lain ingin menjadi penduduknya.

1. Monarki mutlak dan miliki keputusan terakhir

Sultan Brunei adalah raja mutlak negara itu. Ia menjabat sebagai Perdana Menteri, Menteri Pertahanan, dan Menteri Keuangan negara tersebut. Dia memiliki otoritas eksekutif penuh dan juga kepala negara. Meskipun Brunei memang memiliki parlemen, tidak ada pemilihan umum yang diadakan dalam beberapa dekade terakhir. Sistem hukum negara ini didasarkan pada hukum umum Inggris dan hukum syariah Islam. Dalam banyak kasus, hukum syariah kerap menggantikan hukum umum.

Baca juga: 6 Negara yang Pernah Jadi Bagian dari Indonesia, Mana Saja?

2. Tempat tinggal yang damai

Menurut historiografi setempat, saat pertama kali mendarat di Brunei, Awang Alak Betatar, pria yang kemudian mendirikan Kesultanan Brunei, berseru: “Baru nah” yang artinya “sudahlah!” Nama Brunei berasal dari dua kata ini. Setelah mendirikan dinastinya di Brunei, Betatar berganti nama menjadi Sultan Muhammad Shah. Namun, nama lengkap negara itu adalah Negara Brunei Darussalam. Di sini negara berarti "negara" dan darussalam berarti " tempat tinggal yang damai”.

Baca juga: Menhan Prabowo : Brunei Darussalam Adalah Tetangga dan Saudara Seperjuangan

3. Miliki Monumen rayakan keuntungan minyak yang diproduksi

Minyak sangat penting bagi perekonomian Brunei. Produksi minyak mentah dan gas alam menyumbang 90% dari perekonomian negara. Ladang minyak darat di Seria di Brunei adalah salah satu ladang minyak paling penting di negara itu. Pada tahun 1991, sebuah monumen yang disebut Monumen Miliar Barel dibangun untuk merayakan produksi barel minyak miliaran ladang minyak Seria.

4. Hutan hujan Brunei adalah rumah bagi beberapa spesies satwa liar terlangka di dunia

Dikutip World Atlas, meskipun hanya negara kecil, Brunei telah berhasil melestarikan 70% hutan hujannya meskipun ada tekanan pembangunan. Hutan-hutan ini adalah rumah bagi beberapa spesies flora dan fauna yang paling terancam. Macan dahan Sunda, bekantan, rangkong, kadal terbang, dan buaya air asin, adalah beberapa spesies satwa liar paling terkenal di negara ini.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

5. Sultan Brunei Adalah Raja terlama kedua di dunia

Raja Brunei yang berkuasa saat ini Hassanal Bolkiah, naik takhta pada 5 Oktober 1967. Dengan lebih dari 50 tahun pemerintahan, dia adalah raja terlama kedua di dunia saat ini setelah Ratu Elizabeth II dari Inggris.

6. Miliki beberapa masjid paling sempurna di dunia

Masjid-masjid di Brunei terkenal dengan keindahan dan keanggunannya. Unsur tradisional dan futuristik berpadu sempurna dalam arsitektur masjid-masjid ini. Misalnya, Masjid Omar Ali Saifuddien menggunakan campuran unsur Mughal dan Melayu dalam desainnya. Ini memiliki karpet dari Arab Saudi dan lampu gantung dari Inggris. Masjid Ash-Shaliheen di Brunei terlihat seperti masjid di Marrakesh, Maroko. Negara ini juga memiliki masjid yang berdiri di atas sungai.

7. Taman hiburan terbesar dan termahal di Asia Tenggara

Taman Jerudong adalah taman hiburan di Brunei yang didirikan pada tahun 1994. Terletak di Jerudong di Distrik Brunei-Muara, pembangunan taman ini menghabiskan USD1 miliar yang didanai oleh pemerintah negara itu. Taman ini dianggap sebagai taman terbesar dan termahal di Asia Tenggara.

8. Negara Asia pertama yang melarang sirip hiu

Pemotongan sirip hiu adalah praktik yang kejam dan merugikan kelangsungan hidup banyak spesies hiu. Pada Juni 2013, Brunei menjadi negara Asia pertama yang melarang pemotongan sirip hiu. Langkah ini menuai banyak pujian dari organisasi konservasi di seluruh dunia. Menurut larangan ini, tidak ada spesies hiu yang bisa ditangkap atau didaratkan di perairan Brunei Darussalam. Penjualan, impor, dan perdagangan produk hiu apa pun juga akan dikenakan hukuman di negara ini.

9. Punya rumah panggung di atas sungai

Sering dijuluki sebagai "Venesia dari Timur", Kampong Ayer adalah pemukiman bersejarah di Sungai Brunei saat mengalir melewati kota Bandar Seri Begawan. Yang paling menarik dari pemukiman ini adalah dibangun di atas sungai dan memiliki rumah dan bangunan lain yang ditopang oleh panggung yang berdiri di atas air. Bangunan-bangunan di sini saling berhubungan dengan jalan setapak dan jembatan yang menciptakan pemukiman yang berdekatan. Tempat ini menjadi tujuan wisata utama di negara ini.

10. Istana terbesar di dunia

Istana Nurul Iman adalah kediaman resmi Sultan Brunei. Ini juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan negara. Istana ini terletak di lanskap yang indah di tepi Sungai Brunei. Istana ini memiliki 1.788 kamar, 257 kamar mandi, masjid, garasi dengan ruang untuk 110 mobil, 5 kolam renang, ruang perjamuan besar, dan banyak lagi. Total luas lantai istana adalah sekitar 2.152.782 kaki persegi yang menjadikannya istana tempat tinggal terbesar di dunia menurut Guinness World Records.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini