Share

Kejar Target, Vaksinasi Booster Digelar Malam Hari Usai Sholat Tarawih di Papua

Edy Siswanto, Okezone · Minggu 17 April 2022 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 17 340 2580411 kejar-target-vaksinasi-booster-digelar-malam-hari-usai-sholat-tarawih-di-papua-XDFixlxsLd.jpeg Vaksinasi di Papua. (Foto: Edy Siswanto)

SENTANI - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Provinsi Papua kembali melakukan vaksinasi massal di masjid-masjid di Papua selama Ramadan. Kali ini di Masjid Raya Al-Aqso Sentani Kabupaten Jayapura. 

Vaksinasi yang digelar setelah Sholat Tarawih pada Sabtu (16/4) malam ini meyediakan semua tahapan vaksin, baik tahap pertama, kedua hingga booster.

Untuk boster, Jika sebelumnya rutin diselenggarakan di puskesmas dan sejumlah fasilitas publik termasuk pusat perbelanjaan. Selama Ramadhn, Binda Papua menggelar vaksinasi booster di masjid setelah ibadah Sholat Tarawih.

Kolonel Inf. Rachmad P.S selaku Kabag Ops Binda Papua sekaligus koordinator vaksinasi mengatakan kegiatan tersebut untuk mengejar capaian vaksinasi di wilayah Papua. Untuk itu, dilakukan sejumlah terobosan dan inovasi, salah satunya kegiatan vaksinasi di masjid-masjid saat Ramadan.

Baca juga: Pemerintah Bakal Buka Gerai Vaksinasi dan Booster di Masjid-Masjid Jabodetabek

"Untuk mengejar capaian vaksinasi diwilayah Papua, Binda Papua laksanakan vaksinasi di masjid bagi masyarakat yang selesai Sholat Tarawih dan beberapa hari lalu sudah kita laksanakan yang pertama di Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura", ujar Rachmad kepada media ini, Minggu (17/4/2022)

Ia menjelaskan, saat ini capaian vaksinasi di Provinsi Papua masih kurang utamanya booster. Sehingga pihaknya bekerja sama dengan satuan kesehatan baik dari Kesdam XVII Cenderawasih, Biddokkes Polda Papua maupun Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuk menggelar vaksinasi massal termasuk di masjid-masjid selama bulan ramadhan. 

"Kita melaksanakan apa yang dimandatkan pemerintah untuk terget 70 persen seperti daerah lain di Indonesia, jadi kita kejar target itu, baik pagi siang atau malam. Harapan kita, masyarakat juga terlayani untuk mendapatkan vaksinasi. Kita melayani semua tahapan, baik pertama, kedua maupun Booster," ucapnya.

Untuk mencapai target booster, selama Bulan Suci Ramadhan setidaknya ada 5-10 Masjid yang akan digelar vaksinasi yang dilakukan setelah ibadah sholat Tarawih, jelas Rachmad. 

Perlu diketahui kegiatan vaksinasi di Masjid Al-Aqso Sentani, sebanyak 181 orang mendapatkan vaksin satu, dua maupun booster. Masyarakat yang mendapatkan vaksinasi juga beragam mulai dari anak-anak, remaja, ibu-ibu dan lansia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini