Share

Indonesia Tolak Permintaan Bantuan Senjata untuk Ukraina, Jokowi: Tak Sesuai Konsitusi

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Jum'at 29 April 2022 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 29 18 2587365 indonesia-tolak-permintaan-bantuan-senjata-untuk-ukraina-jokowi-tak-sesuai-konsitusi-yZmzeaGSB5.jpg Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (Foto: YouTube/Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah meminta bantuan senjata dari Indonesia untuk digunakan dalam konflik dengan Rusia. Permintaan bantuan senjata itu disampaikan Zelensky saat berbicara dengan Jokowi via telepon pada Rabu (27/4/2022).

"Dalam pembicaraan, dalam perbincangan telepon dengan presiden Ukraina saya memperoleh update mengenai perkembangan situasi saat ini di Ukraina. 

“Dalam pembicaraan itu dibahas juga mengenai berbagai permintaan bantuan persenjataan dari Indonesia," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (29/4/2022).

Atas permintaan tersebut, Jokowi pun menegaskan bahwa sesuai konstitusi Indonesia melarang memberikan bantuan persenjataan terhadap negara lain termasuk Ukraina.

"Saya menegaskan bahwa sesuai dengan amanat konstitusi Indonesia dan prinsip politik luar negeri Indonesia melarang pemberian bantuan persenjataan pada negara lain," tegas Jokowi.

Dalam kesempatan telepon tersebut, Jokowi pun menyampaikan kesiapan Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi Ukraina.

"Saya sampaikan mengenai harapan agar perang dapat dihentikan dan solusi damai melalui perundingan dapat dikedepankan," jelasnya.

Selain itu, kata Jokowi, G20 memiliki peran sebagai katalisator dalam pemulihan ekonomi dunia. Dan saat ini pemulihan ekonomi dunia telah terpengaruh dua hal besar yakni 2 pandemi Covid-19 dan perang di Ukraina.

"Dalam konteks inilah maka dalam pembicaraan pertelepon kemarin saya mengundang presiden Zelenskyy untuk hadir dalam KTT G20," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini