Share

Presiden Uni Emirat Arab Khalifa bin Zayed Al Nahyan Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 13 Mei 2022 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 18 2593811 presiden-uni-emirat-arab-khalifa-bin-zayed-al-nahyan-meninggal-dunia-di-usia-73-tahun-p1JXb8AtBV.jpg Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia, Jumat (13/5/2022) /khaleejtimes.com

JAKARTA - Kementerian Urusan Kepresidenan Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan Presiden dan Penguasa Abu Dhabi, Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia hari ini, Jumat (13/5/2022).

"Kementerian Urusan Kepresidenan menyampaikan belasungkawa kepada rakyat UEA, bangsa Arab dan Islam, dan dunia atas berpulangnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, presiden UEA,” bunyi pernyataannya.


Dikutip dari Khaleej Times, Khalifa bin Zayed Al Nahyan menjabat sebagai Presiden UEA dan Penguasa Abu Dhabi sejak 3 November 2004.

Dia terpilih menggantikan ayahnya, mendiang Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang menjabat sebagai presiden pertama UEA sejak persatuan pada tahun 1971 hingga meninggal pada 2 November 2004.


Sheikh Kalifa lahir di tahun 1948, menjadi Presiden kedua UEA dan Penguasa ke-16 Emirat Abu Dhabi dan merupakan putra tertua Syekh Zayed.

Sejak menjadi presiden UEA, Sheikh Khalifa telah memimpin restrukturisasi besar-besaran baik dari Pemerintah Federal maupun pemerintah Abu Dhabi.

Di bawah pemerintahannya, UEA telah menyaksikan perkembangan yang dipercepat yang memastikan kehidupan yang layak bagi orang-orang yang menyebut negara itu sebagai rumah.

Setelah terpilih sebagai Presiden, Sheikh Khalifa meluncurkan rencana strategis pertamanya bagi pemerintah UEA untuk mencapai pembangunan yang seimbang dan berkelanjutan, menempatkan kesejahteraan warga dan penduduk UEA sebagai inti.

Tujuan utamanya sebagai presiden UEA adalah untuk melanjutkan jalan yang ditetapkan oleh ayahnya Sheikh Zayed, yang warisannya, katanya, "akan terus menjadi mercusuar yang membimbing kita ke masa depan, masa depan yang makmur di mana keamanan dan stabilitas akan berkuasa"

Sheikh Khalifa mengarahkan pengembangan sektor minyak dan gas dan industri hilir yang telah berhasil berkontribusi pada diversifikasi ekonomi negara.

Dia melakukan tur ekstensif di seluruh UEA untuk mempelajari kebutuhan Emirat Utara, di mana dia memberikan instruksi untuk membangun sejumlah proyek yang berkaitan dengan perumahan, pendidikan, dan layanan sosial.

Selain itu, ia meluncurkan inisiatif untuk mengembangkan sistem nominasi untuk anggota Dewan Nasional Federal, yang dipandang sebagai langkah pertama menuju pembentukan pemilihan langsung di UEA.

Sheikh Khalifa dikenal sebagai pendengar yang baik, rendah hati, dan sangat tertarik dengan urusan rakyatnya.

Dia adalah sosok yang sangat dicintai di UEA dan kawasan.

Dia sering melakukan penjangkauan langsung melalui misi resmi dan acara-acara lainnya.

(bul)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini