Share

Cegah Wabah PMK, Kabupaten Aceh Barat Lockdown Hewan Ternak

Afsah, iNews · Senin 16 Mei 2022 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 340 2594792 cegah-wabah-pmk-kabupaten-aceh-barat-lockdown-hewan-ternak-CoYcnrXhVV.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

ACEH BARAT - Guna mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kaki (PMK) hewan ternak. Petugas gabungan melakukan lockdown atau penyekatan di pintu masuk di Kabupaten Aceh Barat. Semua hewan ternak yang ingin masuk dan keluar tidak diizinkan masuk oleh petugas.

Satu persatu kendaraan yang di kedapatan membawa hewan ternak untuk dipasok ke Meulaboh, Aceh Barat, terpaksa dihentikan petugas di pos penyekatan.

Meski memiliki dokumen lengkap, namun kendaraan yang membawa hewan ternak ini diminta untuk berbalik arah dan tidak diizinkan masuk ke Aceh Barat.

Tidak hanya pasokan hewan dari luar saja yang dicegat masuk petugas, namun ternak lokal yang hendak dipasok ke daerah lain juga tidak diizinkan.

“Penyekatan atau lockdown hewan ternak yang dilakukan petugas gabungan dari TNI-Polri dan dinas peternakan ini untuk mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kaki terhadap hewan ternak,” ujar Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso, Senin (16/5/2022).

Selain melakukan penyekatan, petugas gabungan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk mencegah wabah PMK tidak terinfeksi kepada ternak warga.

Hingga kini belum ada hewan ternak di Kabupaten Aceh Barat, Aceh yang terjangkit wabah PMK namun petugas akan terus mengawasi dan melakukan penyekatan secara ketat.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini