Share

Sidak Lapas Tembilahan, Petugas Sita Benda Tajam dan Handphone

Antara, · Kamis 19 Mei 2022 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 340 2596871 sidak-lapas-tembilahan-petugas-sita-benda-tajam-dan-handphone-XdNgjVBZwF.jpg Illustrasi Penjara (foto: Staf Photographer)

INDRAGIRI HILIR - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir bersama Tim Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Riau, melakukan sidak di kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Tembilahan, pada Rabu 18 Mei 2022 malam dan menyita barang terlarang.

Sidak yang dipimpin Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Riau Mulyadi dilakukan di kamar hunian WBP pada blok narkotika, kriminal, dan wanita.

 BACA JUGA:12 Napi Lapas Khusus Gunung Sindur Terima Remisi

Dalam operasi tersebut ditemukan sejumlah barang bukti terlarang yang tidak dibenarkan berada di dalam kamar hunian WBP, yakni berupa colokan listrik, pengisi daya telepon seluler, benda tajam hingga telepon seluler.

"Hasil penggeledahan yang kita lakukan bersama ini baik penggeledahan insidentil, rutin ataupun khusus seharusnya tidak boleh ada barang bukti seperti ini," tegas Mulyadi.

 BACA JUGA:Ketika Hati Sang Ibu Bersedih Tak Bisa Bertemu dengan Anaknya di Lapas Bulak Kapal

Dia meminta seluruh jajaran Lapas Tembilahan agar menjadikan kegiatan razia terhadap hunian WBP sebagai agenda rutin untuk diminimalisir pelanggaran.

"Laksanakan razia rutin setiap minggunya untuk meminimalisir pelanggaran-pelanggaran seperti ini. Sekali pun barang bukti seperti yang ada pada malam hari ini merupakan hal yang ringan atau biasa saja namun harus kita lakukan evaluasi untuk ke depannya agar menjadi lebih baik lagi," ucapnya.

Dia meminta seluruh barang bukti segera dimusnahkan agar tidak disalahgunakan.

Sebelum melakukan inspeksi mendadak, Kadivpas beserta seluruh jajaran melakukan apel gabungan untuk memberi petunjuk dan arahan kepada seluruh jajaran agar melakukan penggeledahan terhadap WBP dan kamar huniannya secara humanis.

"Lakukan penggeledahan secara humanis, jangan dikarenakan saudara sekalian mengenakan seragam terus bertindak sewenang-wenang," pesannya.

Sidak berjalan aman dan kondusif. Sejumlah barang bukti tampak diamankan petugas. Dalam sidak tersebut, petugas mengingatkan para warga binaan agar tidak melanggar aturan dengan membawa barang terlarang ke dalam lapas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini