Share

Suhu Udara Malang di Bawah 17 Derajat Celcius, BMKG Ungkap Penyebabnya

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 27 Juli 2022 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 519 2637129 suhu-udara-malang-di-bawah-17-derajat-celcius-bmkg-ungkap-penyebabnya-FsNVsE2rL4.jpg Fenomena embun upas di Gunung Bromo. (Foto: Avirista M)

MALANG - Suhu dingin sedang menyerang Malang raya dalam beberapa waktu terakhir dibanding sebelumnya. Suhu udara bahkan menyentuh angka 15 derajat celcius di wilayah Kota Batu. Sedangkan untuk Malang bagian timur menyentuh angka 17 derajat.

Bahkan di kawasan Gunung Bromo fenomena embun upas atau frost sudah muncul. Tak ayal suhu udara pun mencapai 2 - 6 derajat di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di atas ketinggian 500 Mdpl.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika BMKG Stasiun Klimatologi Malang Andang Kurniawan mengakui suhu udara di Malang raya sedikit lebih dingin. Hal ini karena rata-rata suhu di Kota Malang berada di bawah 17 derajat celcius atau ada penurunan dibandingkan suhu udara di hari-hari biasanya yang mencapai rata - rata di atas 17 derajat celcius.

Baca juga:  Embun Es Selimuti Gunung Bromo, Pengelola: Suhu Capai 2 Derajat Celcius

"Dalam beberapa waktu terakhir, memang suhu udara lebih dingin. Bahkan pagi hari, suhunya bisa lebih dingin lagi," kata Andang dikonfirmasi pada Rabu (27/7/2022).

Menurutnya, suhu dingin ini merupakan sesuatu yang sangat normal terjadi. Hal itu dipengaruhi oleh udara dingin Australia yang sampai Indonesia. 

"Tidak adanya awan yang menyebabkan energi panas di permukaan bumi terlepas ke angkasa pada malam hari. Kondisi ini menyebabkan pada dini hari, udara menjadi lebih dingin," ucap dia.

Adanya fenomena suhu udara dingin itu disebutnya menjadi pertanda bahwa puncak musim kemarau bakal tiba. Periode puncak kemarau sendiri sering ditandai dengan pergerakan angin dari arah Timur yang berasal dari Benua Australia. 

"Setelah itu, musim kemarau akan berakhir dan berganti dengan musim penghujan. Beberapa wilayah, catatan suhunya juga lebih rendah dari 17 derajat," ungkapnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat Malang raya menjaga kondisi tubuh di tengah serangan hawa dingin yang melanda. Terutama untuk menjaga pola makan serta istirahat yang cukup. Karena dalam situasi seperti saat ini tubuh jauh lebih rentan terserang penyakit jika tidak dijaga dengan baik. 

"Sebisa mungkin masyarakat juga harus mengenakan pakaian hangat yang cukup jika suhu sedang dingin. Agar kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini