Share

Usai Erupsi, Gunung Raung Masih Berstatus Normal

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 27 Juli 2022 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 519 2637510 usai-erupsi-gunung-raung-masih-berstatus-normal-FK6w1MuxL4.jpg Gunung Raung erupsi.

BONDOWOSO - Kendati mengalami erupsi, Gunung Raung masih berstatus normal. Pasca peningkatan aktivitas vulkanik, Gunung Raung kembali ke aktivitas normalnya.

"Status masih normal, dari kejadian itu tadi," kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Raung Mukijo, saat dihubungi MNC Portal, pada Rabu (27/7/2022) malam.

Sejauh ini pihaknya menegaskan belum menaikkan status Gunung Raung. Mengingat masih akan melihat data-data vulkanik ke depan, pasca guguran abu vulkanik pada Rabu sore pukul 17.19-17.28 WIB.

"Jam 17.28 sudah berhenti. Jadi tidak ada lanjutan, tidak ada aktivitas ulangan. Kembali ke rekaman awal. Kita evaluasi kita lihat ada peningkatan lagi atau tidak, kalau memang ada peningkatan ya bisa dinaikkan, kalau tidak ya tetap di status normal," ujarnya.

Pihaknya juga belum memperingatkan masyarakat di sekitar Gunung Raung untuk menjauh dari radius tertentu. Namun dirinya meminta masyarakat untuk mewaspadai aktivitas vulkanik gunung setinggi 3.332 Mdpl, yang menyebabkan hujan abu.

"Untuk masyarakat kalau aktivitas tidak ada himbauan khusus. Status masih normal paling mewaspadai hujan abu saja," tuturnya.

Apalagi sejauh ini dari pengamatan fisik Gunung Raung di Pos PGA Gunung Raung tak terlihat karena tertutup mendung sejak Rabu pagi.

"Sejauh ini dari pos pengamatan sejak pagi tadi sampai sekarang mendung terus. Visual yang beredar dari relawan di Bondowoso. Kita pantau lagi seperti apa, dari data kita tindaklanjuti seperti apa, sekarang belum ada (peningkatan aktivitas)," katanya.

Sebelumnya, Gunung Raung erupsi dengan mengeluarkan material abu vulkanik. Pos PGA Gunung Raung mencatat erupsi terjadi pada Rabu (27/7/2022) pukul 17.19 WIB.

Material abu vulkanik meluncur ke arah barat dan barat laut menuju tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso, yang berakibat hujan abu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini