Share

5 Fakta Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ratusan Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat Tinggal

Tim Okezone, Okezone · Rabu 21 September 2022 05:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 18 2671445 5-fakta-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-ratusan-pemimpin-dunia-ucapkan-selamat-tinggal-B63IJX8Df2.jpg Fakta-fakta pemakaman Ratu Elizabeth II. (BBC)

JAKARTA - Ratu Elizabeth II dimakamkan di Kapel St George, Kastil Windsor, London, Inggris pada Senin (19/9/20220) waktu setempat. Sejumlah pemimpin dunia dan ribuan warga mengiringi proses pemakanan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96, dengan damai di rumahnya di Kastil Balmoral, dataran tinggi Skotlandia pada 8 September.

Berikut 5 fakta mengenai pemakaman Ratu Elizabeth II, sebagaimana dirangkum pada Rabu (21/9/2022) :

1. 2 Ribu Orang Hadiri Prosesi Pemakaman

Diperkirakan sebanyak 2 ribu orang menghadiri prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Sementara diperkirakan ratusan ribu orang lainnya memenuhi jalan-jalan London.

Tak hanya itu, para pemimpin dunia juga turut hadir dalam pemakaman yang disiarkan ke seluruh dunia sehingga bisa disaksikan secara luas.

2. Peti Mati Ratu Elizabeth II Dibawa Kereta Meriam ke Westminster Abbey

Pada prosesi pemakaman tersebut, peti mati Ratu Elizabeth II dibawa dari Westminster Hall ke Westminster Abbey.

Peti mati Ratu dibawa dengan Kereta Meriam Negara (State Gun Carriage). Kereta itu melintasi New Palace Yard dan Parliament Square, lalu melewati Broad Sanctuary dan Sanctuary. Sebanyak 142 pelaut Angkatan Laut Kerajaan dan enam perwira menarik kereta.

3. Peti Mati Tiba di Westminster Abbey

Peti mati Ratu Elizabeth II yang dibawa Angkatan Laut Inggris dengan Kereta Meriam (State Gun Carriage) tiba di Westminster Abbey.

Begitu berada di dalam gedung besar, peti mati dibawa melalui bagian tengah dan quire dan ditempatkan di atas panggung di depan altar tinggi.

Sekira 2.000 jemaat orang terlihat saat prosesi peti mati memasuki gereja abad ke-13 itu.

4. Jenazah Ratu Elizabeth II Diturunkan ke Ruang Penyimpanan Kerajaan

Peti mati Ratu Elizabeth II diturunkan ke dalam lemari besi di Kastil Windsor, tempat peristirahatan terakhirnya, pada Senin (19/9/2022). Prosesi pemakaman menarik para pemimpin dunia dan kerumunan besar orang turun ke jalan untuk memberikan salam perpisahan kepada sang Ratu.

5. Dunia Ucapkan Selamat Tinggal

Di antara 2.000 jemaat , ada sekitar 500 presiden, perdana menteri, anggota keluarga kerajaan asing dan pejabat tinggi, menghadiri prosesi pemakaman.

Termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan istrinya, Jill, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Selandia Baru Jacinda Ardern, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan Wakil Presiden China Wang Qishan.

Keluarga kerajaan Eropa juga ikut hadir. Yakni Raja dan Ratu dari Denmark, Spanyol, Swedia, Norwegia, Belgia, dan Belanda. Ratu Denmark Margrethe II - sekarang raja yang paling lama memerintah di Eropa - duduk di seberang Raja Charles dekat dengan peti mati.

Kaisar dan Permaisuri Jepang juga hadir, bersama bangsawan luar negeri lainnya termasuk Raja dan Ratu Malaysia dan Raja Abdullah II dan Ratu Rania dari Yordania.

Di luar, ratusan ribu orang berdesakan di ibu kota untuk menghormati Elizabeth, yang kematiannya pada usia 96 tahun telah mendorong curahan rasa syukur atas 70 tahun tahtanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini