Share

Daftar Hewan Mitologi Teraneh di Seluruh Dunia serta Kisahnya

Nadilla Syabriya, Okezone · Senin 26 September 2022 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 18 2675327 daftar-hewan-mitologi-teraneh-di-seluruh-dunia-serta-kisahnya-POYIc6ByTs.jpg Cerberus.

JAKARTA - Hewan mitologi nyatanya masih menarik perhatian sebagian masyarakat di seluruh dunia meskipun belum terbukti benar adanya. Wujudnya pun dideskripsikan dengan bentuk yang unik hingga aneh dari hewan pada umumnya.

Pada dasarnya hewan mitologi dapat disebut juga sebagai makhluk mitos atau makhluk fantastis yang keberadaannya dituturkan dalam kisah-kisah mitologis, legenda maupun fabel. Bahkan di antaranya ada yang berasal dari hasil persilangan dengan manusia.

Melansir dari Owlcation, berikut adalah hewan mitologi teraneh di seluruh dunia beserta kisahnya. Yuk simak!

1. Basilisk


Basilisk merupakan hewan mitologi Yunani berbentuk ular dengan kepala ayam yang berasal dari Kyrenaika di Afrika utara. Hewan ini memiliki kekuatan untuk menyebabkan kematian hanya dengan sekali pandang. Dalam aspek ini ia memiliki kemiripan dengan Gorgon dalam mitologi Yunani .

Basilisk diduga ditetaskan oleh ayam jantan dari telur ular. Menurut beberapa legenda, basilisk dapat dibunuh dengan mendengar kokok ayam jantan atau menatap dirinya sendiri di cermin. Salah satunya dalam dongeng yang mengisahkan Alexander Agung berhadapan dengan seekor Basilisk yang tengah mempertahankan sebuah kota. Ia memerintahkan sebuah cermin ditempatkan di antara pasukannya. Setelah melihat pantulannya, monster itu langsung mati. Musuh alaminya sering disebut musang , yang kebal terhadap tatapan mematikannya dan dapat bertahan dari racunnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

2. Griffin

Selama Abad Pertengahan di Eropa, elang umumnya dianggap raja burung, dan singa raja hutan. Griffin atau gryphon, adalah makhluk dengan bentuk perpaduan antara singa dan burung elang. Kadang-kadang, Griffin juga ditampilkan dengan telinga kucing. Kombinasi elang dan singa ini menjadikan mereka raja burung dan binatang, atau dalam arti yang lebih luas ialah raja di udara maupun darat. Oleh karena itu, mereka melambangkan kekuatan dan keberanian.

Griffin kemudian dipopulerkan oleh orang Yunani pada puncak periode perdagangan Jalur Sutra. Mereka sering digambarkan sebagai penjaga harta atau kekayaan, yang membuat mereka dikaitkan dengan emas di beberapa budaya Asia. Dalam budaya ini dan bahkan mitologi Romawi, Griffin diketahui bertelur emas. Selain kekayaan, griffin juga dianggap sebagai simbol kekuatan Ilahi dan perlindungan surgawi dalam seni dan simbologi Kristen. Mereka dikatakan memiliki kemampuan untuk terbang dan memiliki kekuatan yang luar biasa.

3. Kappa


Kappa adalah makhluk reptil yang berukuran sebesar anak kecil. Mereka juga memiliki wujud yang sama dengan manusia, namun dengan ciri yang berbeda. Bisa dibilang mereka terlihat seperti persilangan antara kura-kura, bebek, katak, dan monyet.

Beberapa menggambarkan mereka memiliki paruh dan cangkang, tetapi mereka lebih sering digambarkan memiliki kulit bersisik hijau, biru, atau kuning. Cangkang atasnya terhubung melalui batang tubuh mereka, dengan tangan dan kaki mereka berselaput.

Monster Kappa pada dasarnya nakal karena suka kentut dengan keras serta sering melihat bagian bawah kimono seorang wanita. Mereka juga dikenal suka memakan anak-anak.

4. Pegasus

Dalam mitologi Yunani, Pegasus adalah kuda bersayap abadi yang berasal dari salah satu dari dua anak Poseidon dan Medusa. Bersama dengan saudaranya, Chrysaor berpedang emas, Pegasus melompat keluar secara ajaib dari leher ibunya yang sedang hamil setelah Perseus memenggalnya. Dia milik pahlawan Yunani Bellerophon untuk beberapa waktu, sebelum distabilkan oleh Zeus dan ditugaskan untuk menggambar kereta petirnya.

Nama Pegasus berasal dari kata Yunani untuk mata air, pegae, karena ia diduga lahir di dekat mata air Samudra. Tapi dia juga dikaitkan dengan air karena sifat luar biasa yang diwarisi dari ayahnya. Pegasus mampu menciptakan aliran air di mana pun dia memukul kukunya.

5. Hippocampus

Hippocampus digambarkan sebagai kuda-kuda yang memiliki ekor ikan. Mereka kebanyakan dikaitkan dengan dewa-dewa yang hidup di laut, selain itu kuda-kuda ini selalu setia kepada para dewa.

Disebutkan bahwa hippocampi diciptakan dari puncak gelombang laut, dan penampilannya mirip dengan kuda laut, yang menandakan dua dewa penting dalam mitologi Yunani dan Romawi, yaitu Neptunus dan Poseidon.

Hippocampi dapat mengontrol air dan cuaca. Mereka abadi, dan mereka memiliki kekuatan untuk mengendalikan hidup mereka. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mengubah makhluk laut mereka menjadi setengah kaki jika mereka mau.

6. Cipactli

Cipactli digambarkan dalam banyak cara, yaitu sebagai buaya dengan karakteristik kodok dan ikan, iblis laut atau monster. Terlepas dari deskripsinya, suku Aztec menganggap monster laut aseksual ini sebagai sumber kosmos. Nafsu makan Cipactli tak terpuaskan, dan setiap sendi makhluk itu memiliki mulut. Ketika para dewa memulai proses penciptaan, mereka segera menyadari bahwa ciptaan mereka yang lain akan jatuh ke dalam kehampaan dan dimakan oleh iblis, sehingga mereka memutuskan untuk menghancurkan Cipactli.

Para dewa dalam mitologi Aztec menarik tubuh Cipactli ke empat arah dan membebaskan alam semesta dari tubuhnya. Kemudian Tezcatlipoca dan Quetzalcoatl menciptakan langit dan bumi dan segala isinya dari tubuh Cipactli.

7. Cerberus


Cerberus adalah salah satu yang paling mudah diidentifikasi dari semua makhluk dari mitologi Yunani, karena Cerberus adalah anjing berkepala tiga yang juga disebut sebagai Hound of Hades.

Seperti kebanyakan monster penting dalam mitologi Yunani, Cerberus dianggap sebagai keturunan mengerikan dari Typhon dan Echidna, dua monster ular dalam mitologi Yunani. Dengan demikian Cerberus adalah saudara dari orang-orang seperti Hydra Lernaean, Chimera, dan anjing mengerikan lainnya, Orthrus.

Ciri yang paling jelas dari Cerberus adalah tiga kepala anjing pada satu tubuh, tetapi Cerberus juga memiliki surai ular, ekor ular, dan cakar singa; binatang yang benar-benar mematikan.

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini