Share

Banda Neira, Surga Terpendam di Timur Indonesia

Rifqa Nisyardhana, Okezone · Selasa 11 Oktober 2022 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 11 340 2685129 banda-neira-surga-terpendam-di-timur-indonesia-HYVoU60xyG.jpg Benteng Belgica di Banda Neira/Foto: Instagram

JAKARTA - Banda Neira terkenal dengan alamnya yang elok. Pulau yang terletak di wilayah Banda, Maluku Tengah, ini punya banyak kekayaan alam yang memesona. Tak hanya alamnya yang indah, pulau cantik ini juga menyimpan artefak sejarah Indonesia.

Di pulau ini, pecinta sejarah dapat menemukan rumah pengasingan Bung Hatta, Benteng Belgica, hingga benteng-benteng peninggalan kolonial.

 BACA JUGA:Hari Anak Perempuan Internasional Diperingati Setiap 11 Oktober, Ini Sejarahnya

Sedangkan, jaud di kedalaman lautnya yang biru, Banda Neira menyajikan keindahan biota bawah laut. Jika nasib mujur, maka wisatawan dapat melihat paus dan lumba-lumba yang asyik menikmati kehangatan Laut Banda.

Banda Neira menyediakan banyak situs menyelam. Tak kurang, sebanyak 30 situs menyelam yang tersebar di setiap pulau. Namun, yang menjadi destinasi menylam favorit adalah Lava Flow.

 BACA JUGA:Momen Prabowo dan Jokowi Tuntun Try Sutrisno dan Ketum Legiun Veteran, Adem Lihatnya

Situs Lava Flow menarik karena terbentuk akibat aliran lava Gunung Api Banda yang meletus pada 1988. Letusan tersebut telah membuat batu karang tumuh subur dan menarik kawanan biota laut bermukim di sana.

Di samping itu, hal yang menarik dari pulau ini adalah adanya Istana Mini Neira yang terletak di Desa Dwiwarnayang didirikan pada tahun 1622. Istana ini serupa miniatur Istana Negara di Bogor, dan karena itu dia disebut "mini".

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Istana ini pernah digunakan sebagai kantor administrasi pemerintah Belanda, juga kediaman resmi gubernur beserta residen yang saat itu memerintah di Banda.

Banyak peninggalan kolonial yang tersimpan di pulau tersebut, yang dapat menjadi daya tarik wisatawan selain alamnya yang memukau. Hanya saja, Banda Neira belum menjadi destinasi wisata nasional. Karena itu, pemerintah daerah Maluku terus berupaya agar Banda Neira masuk menjadi destinasi wisata prioritas nasional.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini