Share

Gempa Jember M6,2 Terasa hingga Wilayah Gunung Semeru, Warga Berhamburan

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 519 2721590 gempa-jember-m6-2-terasa-hingga-wilayah-gunung-semeru-warga-berhamburan-HYY7ODaZMH.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

LUMAJANG - Gempa berkekuatan M6,2 yang berpusat di Jember juga dirasakan oleh warga sekitar Gunung Semeru. Bahkan, getaran gempa membuat warga sekitar Gunung Semeru tepatnya di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, berhamburan keluar rumah.

Kepala Desa (Kades) Supiturang Pronojiwo Nurul Yakin mengakui getaran gempa terasa kencang di daerahnya. Gempa ini membuat ia dan sejumlah warganya panik keluar dari bangunan.

"Panik kami pak, gempanya terasa lama sekitar 7 detik, guncangannya kencang juga. Semua keluar rumah," ucap Nurul Yakin, dikonfirmasi MPI, melalui pesan singkatnya.

Bahkan beberapa warga desanya hingga pukul 13.45 WIB masih berada di luar rumah karena takut terjadi hal tak diinginkan. Apalagi kondisi Gunung Semeru juga masih dinyatakan berstatus awas.

 Baca juga: Gempa Susulan Guncang Jember dengan Magnitudo 4,6

"Iya, takut karena efek Semeru (yang ditakutkan warga gempa berpengaruh ke aktivitas Gunung Semeru)," ucapnya.

Dirinya meminta warganya tetap tenang mengikuti arahan dan instruksi dari pemerintah desa yang bersumber dari instansi terkait.

Di sisi lain, Indra Sutrisno relawan SAR Semeru menyatakan, gempa bumi yang berpusat di Jember diakui terasa hingga kawasan Gunung Semeru. Hal ini membuat beberapa teman relawan dan petugas sempat keluar dari bangunan rumah.

Follow Berita Okezone di Google News

"Waktu istirahat habis makan tadi terasa getar kita keluar langsung," kata Indra.

Sebagai informasi, BMKG menyatakan gempa berkekuatan 6,2 magnitudo pukul 13.07 WIB pada Selasa siang (6/12/2022) mengguncang kawasan Jawa Timur bagian selatan hingga terasa sampai Yogyakarta. Gempa berpusat di 284 kilometer barat daya Kabupaten Jember, dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini