Sengatan Ubur-Ubur Serang Wisatawan Pantai Glagah

|

lautanindonesia.com

Sengatan Ubur-Ubur Serang Wisatawan Pantai Glagah

KULONPROGO á- Puluhan pengunjung obyek wisata Pantai Glagah Indah Kulonprogo, tersengat ubur-ubur (Chrysaora quinquecirrha) saat bermain air laut. Sebelumnya, ubur-ubur juga menyerang pengunjung pantai di Parangtritis, Bantul.

Komandan regu SAR Glagah, Sugeng mengatakan dalam dua hari terakhir, populasi ubur-ubur yang terbawa ombak ke tepi cukup banyak. Ini bersamaan dengan musim ubur-ubur yang terjadi di Pantai selatan Jawa. Ubur-ubur yang terkena kulit manusia akan mengeluarkan racun, yang terasa panas dan menimbulkan gatal-gatal.

"Bukan hanya anak-anak saja, orang tua yang terkena sengatan pasti akan kesakitan," jelasnya, Kamis (25/9/2009).

Hewan yang berbentuk seperti balon udara ini, sampai di tepian akibat terbawa ombak. Kebetulan saja, di sepanjang pantai Glagah jujmlah pengunjungnya snagat padat. Begitu bersentuhan dengan kulit, tentakelnya akan mengeluarkan bisa yang cukup beracun.

Tim SAR, kata dia, sebenarnya sudah mengeluarkan imbauan untuk hati-hati. Termasuk melarang pengunjung mandi di laut, karena ombak yang cukup berbahaya. Hanya saja, ubur-ubur ini terbawa ombak dan secara tidak sengaja menyentuh pengunjung.

"Untuk pertolongan, kita berikan jingking (sejenis kepiting) kita tumbuk dan oleskan di kulit yang kena," tegasnya.

Salah seorang pengunjung, Siti Maryam, mengaku tidak pernah menyentuh ubur-ubur beracun ini. Ubur-ubur ini mengenai kaki kirinya ketika sedang bermain di pinggiran pantai.

"Rasanya sangat panas dan perih tidak karuan," ujar pengunjung asal wonosobo ini.

Data yang ada di Posko SAR, terdapat dua orang pengunjung yang sempat dilarikan ke Puskesmas Temon I. Usai tersengat ubur-ubur ini, korban mengalami sesak nafas hingga pingsan. Beberapa saat setelah mendapatkan pertolongan medis, korban sudah boleh diperbolehkan pulang.

Sebelumnya ubur-ubur ini juga menyerang wisawatan yang bermain air laut di sepanjang pantai Trisik Bantul.

(fit)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mengintip Interior BMW All New 7 Series