10 Prodi Favorit di Unhas

|

Ilustrasi: ist.

10 Prodi Favorit di Unhas

JAKARTA - Setiap tahun, perguruan tinggi negeri (PTN) di Tanah Air memiliki daftar program studi (prodi) favorit pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Biasanya, Pendidikan Dokter menempati posisi pertama dalam daftar 10 besar prodi favorit SNMPTN. Begitu pula dalam SNMPTN Jalur Undangan 2012 di Universitas Hasanuddin (unhas). Seperti dilansir situs Unhas, Sabtu (17/3/2012), Pendidikan Dokter masih menempati peringkat teratas dengan menjadi pilihan 1.485 pendaftar jalur undangan dan 116 peserta bidik misi. Pelamar yang menempatkan FK Unhas sebagai pilihan pertama sebanyak 939 orang dan 412 orang menempatkan FK Unhas sebagai prodi pertama pada PTN pilihan kedua.

Urutan kedua dihuni oleh prodi Kesehatan Masyarakat dengan 1.124 pelamar jalur undangan dan 257 pelamar bidik misi. Pelamar yang membidik Kesehatan Masyarakat Unhas sebagai PTN dan prodi pilihan pertama 321 orang dan 378 peserta yang menempatkannya sebagai pilihan kedua.

Minat calon mahasiswa untuk memasuki Fakultas Farmasi melalu jalur tanpa tes ini menempatkan fakultas tersebut di peringkat ketiga di Unhas dengan total pendaftar 995 orang. Sebanyak 352 pelamar menjatuhkan pilihan pertama dan 297 sebagai pilihan kedua.

Prodi Akuntansi merupakan wakil kelompok non-eksakta di Unhas yang melejit tajam diminati pelamar. Tercatat 857 pelamar dan 200 pelamar Bidik Misi menjatuhkan pilihan para prodi ini.

Prodi Ilmu Keperawatan yang juga berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran, berada di peringkat kelima peminat terbanyak di Unhas dengan total pendaftar 765 orang pada jalur undangan dan 221 pelamar bidik misi.

Jurusan Manajemen menempati urutan keenam sebagai prodi terbanyak diminati di Unhas kelalui jalur undangan. Sementara Ilmu Hukum yang biasanya berada pada jejeran teratas penerimaan mahasiswa baru dalam kelompok non-eksakta, kini harus puas pada urutan ke tujuh dengan total pelamar 653 orang.

Di peringkat delapan dan sembilan prodi paling diminati pada jalur undangan SNMPTN 2012, dihuni oleh Teknik Informatika dan Pendidikan Dokter Gigi dengan pelamar sebanyak 499 dan 480 orang.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Golkar Bisa Hancur Tanpa Rekonsiliasi