Share

Biaya Kuliah Jalur Mandiri Sama dengan Jalur Tulis SNMPTN

Margaret Puspitarini, Okezone · Sabtu 07 Juli 2012 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 07 373 660107 y8sHt7RRaM.jpg Ilustrasi : ist.

JAKARTA - Jalur mandiri pada perguruan tinggi negeri (PTN) sering kali menciutkan nyali calon mahasiswa, terutama mereka yang berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Pasalnya, jalur mandiri sangat lekat dengan biaya yang sangat mahal dan tidak terjangkau. Padahal jalur ini menjadi alternatif terakhir bagi mereka yang sangat mengidamkan menjadi mahasiswa PTN.

Namun, anggapan mahalnya anggapan akan segera berakhir. Sebab, para rektor PTN di seluruh Nusantara telah sepakat untuk menurunkan besarnya biaya perkuliahan. "Semua rektor sepakat menurunkan biaya Sumbangan Pembangunan Pendidikan (SPP) karena adanya Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)," kata Ketua Umum Panitia SNMPTN 2012 Akhmaloka di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, kemarin.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk besarnya penurunan biaya kuliah, lanjut Akhmaloka, tergantung pada masing-masing universitas. "Besarnya penurunan di tiap universitas berbeda. Kampus itu yang dapat menghitung seberapa besar penurunannya," ujar Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut.

Hal senada diungkapkan Dirjen Dikti Djoko Santoso. Menurut Djoko, masyarakat tidak perlu lagi merasa khawtir terhadap biaya mahal jalur mandiri PTN. "Ke depan, baik jalur SNMPTN maupun mandiri akan dipatok biaya yang sama. Kebutuhan lainnya akan dibantu lewat BOPTN. Itu idealnya dan semoga bisa terwujud segera," tutur Djoko.(mrg)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini