Irjen Djoko Susilo Akan Segera Dinonaktifkan

Kamis, 02 Agustus 2012 14:03 wib | Catur Nugroho Saputra - Okezone

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) JAKARTA - Mabes Polri akan segera menonaktifkan gubernur Akademi Kepolisian (Akpol) Irjen Djoko Susilo. Langkah ini diambil setelah Djoko resmi ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi simulator SIM.

"Dalam waktu dekat (penonaktifan) akan dilakukan tindakan seperti itu," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anang Iskandar, kepada wartawan, di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (2/8/2012).

Sementara itu Mabes Polri sudah menetapkan lima tersangka dalam kasus simulator SIM. Namun berbeda dengan KPK, tersangka versi Mabes Polri tidak menyebutkan nama Irjen Djoko Susilo sebagai tersangka.

Kelima tersangka versi Mabes Polri yaitu Brigjen DP adalah Didik Purnomo yang saat ini menjabat Wakorlantas, AKBP TR adalah Teddy Rusmawan sebagai ketua pengadaan, Kompol Legino saat ini menjabat sebagai Bendahara Satuan Korlantas, dan pihak ketiga SB dan BS, yakni Sukotjo Bambang, serta Budi Santoso.

Anang menyatakan, rencana untuk bekerjasama dengan KPK dalam penanganan kasus ini tergantung hasil koordinasi. Sebab Mabes Polri dan KPK sama penyidik kasus korupsi. "Kita akan mengedepankan transparansi, kita berkewajiban menangani kasus korupsi," tuturnya.

Sebelumnya, empat Perwira Menengah Polri sudah diperiksa oleh Mabes Polri yakni AKBP Endah sebagai Kasubag Perencanaan, Kompol Legino sebagai Bendahara Satuan Korlantas, Kompol Budi sebagai Kasi Sarana dan Prasarana serta Kompol Nyoman.

"Mereka yang diperiksa terlibat Seluruhnya terlibat proses tender pengadaan alat uji simulator SIM," ujar Kabid Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Korlantas Mabes Polri Kombes Kilat Purwoyudo.

Selain mereka, Wakorlantas Brigjen Didik Purnomo, juga sudah diperiksa oleh Mabes Polri. Hasi dari pemeriksaan ini, dua Pamen dan Wakorlantas Mabes Polri akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.
(ded)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERITA TERKAIT

BERIKAN KOMENTAR ANDA

 
Berita
Terpopuler
Komentar Terbanyak
BACA JUGA »