LSI : GanTeng Bisa Menang Satu Putaran

Rabu, 06 Maret 2013 05:07 wib | Wahyudi Siregar - Okezone

Ilustrasi Ilustrasi MEDAN – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis data survei perolehan suara pada pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu), yang akan digelar 7 Maret mendatang. Dari data survei itu, Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor Urut 5 Gatot Pudjonugroho-Tengku Erry Nuradi (GanTeng), kembali diunggulkan.

Bahkan pasangan incumbent itu diproyeksikan dapat memenangi pilgubsu dalam satu putaran.

“Dari survei yang kita lakukan, pasangan GanTeng dianggap oleh 32,2 persen responden sebagai pasangan yang paling diinginkan untuk memimpin Sumatera Utara ke depan. Dengan kondisi itu, pasangan ini menjadi pasangan yang paling berpotensi untuk memenangkan Pilgubsu pada 7 Maret mendatang, dengan kemungkinan hanya satu putaran," kata Manager Riset LSI, Setia Darma,  saat menggelar Konfrensi Pers di Hotel Danau Toba Medan, Selasa (5/3/2013).

Jika melihat responden yang belum memutuskan atau merahasiakan pilihannya, lanjut Setia, hanya 8,7 persen. Dimana jikapun seluruh responden itu memilih pasangan dengan perolehan suara terbanyak kedua yakni pasangan Gusman, maka belum cukup untuk mengimbangi perolehan suara pasangan Ganteng.

"Apalagi jika ditambahkan dengan Margin of Error yang hanya sekitar 4,8 persen,”ujarnya

Berdasarkan survei yang dilakukan pada periode 25 Februari – 3 Maret 2013  lalu, Pasangan GanTeng tercatat memperoleh 32,2 persen suara. Diikuti pasangan Gus Irawan Pasaribu-Soekirman (Gusman) dengan raihan 21 persen suara, lalu pasangan Amri Tambunan – RE Nainggilan (AMRI-RE) dengan perolehan 18,3 persen suara, serta Pasangan Effendi Simbolon-Djumiran Abdi (ESJA) dengan pencapaian 14,6 persen suara.

Sementara pasangan Chairuman Harahap-Fadly Nurzal (Charly) berada di posisi buncit 5,3 persen suara.

Setia menuturkan  survei tersebut dilakukan dengan metode wawancara menggunakan kuisioner tertutup terhadap 440 respoden yang dipilih berdasarkan metode Multistage Random Sampling.

Hasil survei yang dirilis LSI ini hampir sama dengan hasil survei yang digelar Pusat Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) dan Indomatrik beberapa hari lalu. Dimana dalam survei tersebut, pasangan GanTeng dianggap sebagai pasangan calon Gubsu yang paling diinginkan masyarakat, dengan raihan 33,49 persen. Lalu diikuti pasangan Gusman dengan pencapaian 26,28 persen, diikuti pasangan AMRI-RE dengan perolehan 11,85 persen, dan pasangan Charly dengan raihan 7,8 persen.

Perbedaannya, Jika pada survei LSI pasangan Charly dinyatakan sebagai yang paling buncit dengan raihan 5,3 persen, Puskaptis dan Indomatriks justru menempatkan pasangan ESJA di posisi tersebut, dengan raihan 7,4 persen suara. (ydh)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

 
Berita
Terpopuler
Komentar Terbanyak
BACA JUGA »