Kasus Hukum Pak Harto Tak Tersentuh Sejak Reformasi

Ismoko Widjaja, Okezone · Selasa 15 Januari 2008 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2008 01 15 1 75373

JAKARTA - Setelah era reformasi, tidak ada satu pun kepala negara yang mengusut tuntas kasus hukum mantan Presiden Soeharto. Tindakan tersebut dinilai sebagai langkah yang sengaja dilakukan para kepala negara dari Habibie sampai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Pemerintah-pemerintah yang muncul setelah reformasi itu semuanya mengulur-ngulur waktu," kritik Ketua Komnas HAM Ifdal Kasim dalam perbincangannya dengan okezone di Jakarta, Selasa (15/1/2008).

Akibatnya lanjut Ifdal, masyarakat pun akhirnya terlena dan baru menyadari bahwa ternyata ada kasus yang melibatkan Pak Harto. Maka itu menurutnya, kondisi saat ini juga dinilai kurang fair. Sebab, ketika Pak Harto sakit, barulah masyarakat dan bangsa membicarakan masalah hukumnya.

"Sehingga orang baru ingat bahwa ada kasus. Jadi kita juga kurang fair terhadap Pak Harto. Kelihatannya begitu, karena semuanya begitu," ujarnya singkat.

Untuk diketahui, Kejaksaan Agung sudah menutup kasus pidana mantan Presiden Soeharto, sejak dikeluarkannya Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan Perkara (SKP3) tertanggal 12 Mei 2006 atau pada masa kepemimpinan Presiden SBY.

(ism)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini