nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cagub Bali Kalah, Ajukan Keberatan

Ni Komang Erviani, Jurnalis · Rabu 16 Juli 2008 16:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2008 07 16 244 128224
DENPASAR - Kemenangan pasangan Made Mangku Pastika-Anak Agung Ngurah Puspaayoga sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam Pilgub Bali, masih menyisakan cerita. Dua pasangan kandidat lawannya masih menyatakan keberatan.

Melalui tim suksesnya, dua kandidat pasangan yang menjadi rival dari jago PDIP itu menyatakan beberapa keberatannya, usai pleno penetapan pemenang pilgub Bali di Kantor KPUD Bali, Jl. Cok Agung Tresna, Denpasar, Rabu (16/7/2008).

Tim sukses pasangan I Gede Winasa-I Gusti Bagus Alit Putra (Win-AP) Pasek Suardika menyesalkan masih tingginya intimidasi kepada saksi-saksi Win-AP. "Bahkan ada yang menganiaya dan merobek surat mandat," keluh Pasek usai pleno.

Selain itu, sambung Pasek, juga disesalkan banyaknya pemilih yang teridentifikasi pendukung Win-AP namun tidak mendapatkan kartu pemilih. Pihaknya juga sempat menyesalkan sikap KPU yang tidak merespon surat keberatan timnya terkait status Pastika sebagai anggota polisi aktif.

Sementara itu, tim sukses CBS-Suweta Ketut Suwandhi hanya menyesalkan banyaknya masyarakat yang punya hak pilih, namun terabaikan dan tidak mendapat kartu pemilih. "Kejadian-kejadian itu sudah mengabaikan hak pilih masyarakat," keluhnya. 

Berdasarkan hasil perhitungan akhir KPU Bali, pasangan Pasti-Yoga menang telak dengan mengumpulkan 1.087.910 suara, atau sebanyak 55,05% dari total suara sah.

Pasangan mantan Kalakhar Badan Narkotika Nasional dan Walikota Denpasar itu mengungguli pasangan CBS-Suweta yang hanya meraup 527.861 (26,7%) suara dan Win-AP yang hanya memdapatkan 360,724 (18,25%) suara. 
loading...

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini