Share

Unjuk Rasa May Day Rusuh, Puluhan Polisi Luka

Anton Suhartono, Okezone · Jum'at 01 Mei 2009 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2009 05 01 18 215732 hMytM1YLXb.jpg Seorang demonstran May Day di Jerman ditangkap setelah melempar batu ke arah polisi di distrik Friedrichshain, Berlin, Kamis (30/4) malam/Reuters

BERLIN - Unjuk rasa memperingati hari buruh internasional yang dikenal dengan May Day, berlangsung rusuh di Jerman. Puluhan polisi terluka dan belasan demonstran ditangkap.

Di Jerman unjuk rasa besar-besaran berlangsung di Ibu Kota Berlin dan Hamburg pada Kamis malam. Mereka meneriakkan yel-yel antikapitalisme.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Kepolisian Berlin seperti dikutip Reuters, Jumat (1/5/2009) menyatakan, polisi terpaksa menahan 12 demonstran. Kerusuhan terjadi setelah sekira 2000 demonstran mengakhiri aksi mereka di distrik Friedrichshain. Demonstran melempari botol dan batu yang menyebabkan sebanyak 29 polisi terluka.

Demonstran juga sempat membakar tempat sampah untuk mengalangi jalan serta merusak tram dan mobil-mobil. Halte-halte tak ketinggilan menjadi sasaran anarkis demonstran dengan dipecahkan kaca jendelanya. Di Hamburg, dilaporkan tiga polisi terluka.

Aksi anarkis ini sebenarnya sudah diprediksi polisi sebelumnya. Krisis ekonomi yang menyebabkan pemutusan hubungan kerja dan membengkaknya angka pengangguran menjadi isu utama yang diangkat demonstran. Selain itu masalah perbedaan honor pekerja, juga memicu kemarahan aktivis pekerja.

Jerman memberlakukan hari libur pekerja berpetepatan dengan hari buruh sejak 1987. Perayaan May Day di Jerman setiap tahunnya, identik dengan demonstrasi anarkis.

Selain Jerman, para buruh di Prancis dan Spanyol juga melakukan demonstrasi besar.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini