nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saleh Bangun Pimpin DPRD Sumut 2009-2014

Adela Eka Putra Marza, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2009 17:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2009 10 12 340 264938 p4eRmmnxES.jpg ilustrasi

MEDAN - Pimpinan definitif DPRD Sumatera Utara telah ditetapkan dalam rapat paripurna hari ini, Senin (12/10/2009). Anggota legislatif dari Partai Demokrat, Saleh Bangun menjabat sebagai ketua DPRD Sumut hingga lima tahun ke depan.

Saleh Bangun merupakan kader Partai Demokrat yang terpilih sebagai anggota legislatif dari daerah pemilihan Sumut 11 (Langkat Binjai). Ia juga dikenal sebagai pengusaha di Langkat.

Dalam UU Nomor 27 Tahun 2009 tentang tentang MPR, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota telah ditetapkan bahwa anggota legislatif dari partai politik (parpol) yang memperoleh suara terbanyak dalam Pemilu Caleg lalu secara otomatis akan menjadi ketua.

Sedangkan parpol yang menempati urutan di bawahnya akan mengisi posisi empat wakil ketua. Chaidir Ritonga (Golkar), Muhammad Afan (PDI Perjuangan), Sigit Pramono Asri (PKS) dan Kamaluddin Harahap (PAN) ditetapkan sebagai wakil ketua mendampingi Saleh Bangun.

Menurut Sigit Pramono Asri, DPRD Sumut tinggal menunggu surat keputusan (SK) penetapan pimpinan definitif ini dari Menteri Dalam Negeri. "Sekarang kita menunggu SK dari Mendagri. Mudah-mudahan bisa cepat," ujarnya.

Selain menetapkan pimpinan definitif, dalam rapat paripurna DPRD Sumut tersebut juga telah ditetapkan pimpinan dan anggota masing-masing komisi, dari Komisi A hingga Komisi E. Sekaligus juga ditetapkan Badan Musyawarah DPRD Sumut.

Sementara itu, penetapan fraksi parpol di DPRD Sumut telah ditetapkan sejak akhir bulan lalu. Sebanyak 10 fraksi mengisi alat kelengkapan DPRD Sumut tersebut, lebih banyak tiga fraksi dari periode sebelumnya.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini