Lagi Yasinan, Puluhan Siswi Mendadak Kesurupan

Salman Mardira, Okezone · Jum'at 29 Oktober 2010 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 29 340 387844 oQld4ZicLg.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

BANDA ACEH - Puluhan siswi SMK Negeri 3 Banda Aceh kesurupan massal saat membaca Surat Yasin bersama di sekolahnya, Jumat (29/10/2010). Proses belajar mengajar terpaksa ditiadakan akibat kejadian itu.

Kesurupan mulanya dialami seorang siswi yang seketika lemah saat kegiatan baca Yasin berlangsung di halaman sekolah. “Setelah Yasinan selesai sekali, dilanjutkan untuk kali kedua, saat itulah tiba-tiba ada yang kesurupan,” kata seorang guru SMKN 3 Banda Aceh, Syahril.

Dari satu siswi, merambah ke yang lain. Dalam sekejap, puluhan siswi berteriak-teriak histeris tak sadarkan diri, diduga kerasukan makhluk halus.

Di antaranya ada yang lari, namun berhasil dicegah. Ada pula siswi yang sibuk bersolek ria di depan cermin, sambil sesekali meronta, histeris, dan membentak rekannya yang mencoba menenangkan.

Sejumlah guru dan siswa menenangkan korban kesurupan dengan melantunkan ayat-ayat suci Alquran. Siswi kesurupan akhirnya dijemput keluarga masing-masing.

Korban kesurupan, Liza Mila Aulia, setelah sadar mengaku, saat melihat beberapa temannya histeris, dia merasa takut, panik, dan seketika tak sadarkan diri.

“Saya tidak tahu lagi apa-apa Bang, tetapi saya bisa mendengar waktu kawan-kawan mengaji di telinga saya, tetapi saat itu badan saya terasa panas sekali ketika mendengar Alquran,” ceritanya.

Baca Yasin bersama digelar SMK 3 Banda Aceh merupakan rutinitas setiap hari Jumat, sebelum dimulai belajar mengajar. Kegiatan itu digelar karena seringnya terjadi kesurupan di lokasi itu.

SMK 3 sekomplek dengan SMK Negeri 1 dan 2 Banda Aceh. Beberapa guru mengatakan, belasan kali peristiwa kesurupan terjadi di komplek itu dalam dua tahun terakhir, namun hanya beberapa kali yang terjadi secara massal.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini