nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MNC Group Hibur Anak-Anak Pengungsi Merapi

Anton Suhartono, Jurnalis · Jum'at 12 November 2010 18:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2010 11 12 340 392813 MjASI6p5x2.jpg Upin-Upin menghibur pengungsi anak-anak di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

YOGYAKARTA - Aktivitas Gunung Merapi yang tidak kunjung mereda, membuat ratusan ribu warga Yogyakarta dan Jawa Tengah, terpaksa bertahan di barak-barak pengungsian.

Posisi para pengungsi ini tersebar di sejumlah wilayah mulai dari Kabupaten Sleman, Klaten, Magelang, Boyolali, dan sejumlah daerah lainnya. Di Stadion Maguwoharjo, Sleman, sedikitnya 20 ribu pengungsi memadati stadion itu.

Meski bantuan berupa uang tunai, bahan pangan, dan sandang telah dikirim, namun kondisi psikologis pengungsi belum sepenuhnya teratasi. Terlebih anak-anak lebih rentan mengalami kebosanan dan depresi.

Untuk mengurangi beban mental dan kesedihan anak-anak para korban bencana letusan Gunung Merapi, PT Media Nusantara Citra (MNC) Group dengan menggandeng Indovision, MNCtv, RCTI, GlobalTV, dan Trijaya FM Yogyakarta, dan Okezone.com, menghibur ratusan anak korban letusan Gunung Merapi di pengungsian Stadion Maguwoharjo Sleman. Tokoh kartun populer Upin-Ipin pun diboyong ke barak pengungsian.

Pengungsi berkesempatan menyaksikan siaran-siaran unggulan untuk anak-anak yang disuguhkan MNCtv, seperti tokoh Upin-Ipin, Bernard Bear, dan Little Khrisna lewat layar lebar yang dipasang MNC Group di lantai 3 Stadion Maguwoharjo. Tak hanya itu, Cakka dari Idola Cilik pun turut dihadirkan untuk bernyanyi bersama para pengungsi.

Selain menonton, anak-anak usia sekolah dasar ini pun diajak bermain bertema edukasi. MNC juga menyiapkan beragam hadiah hiburan untuk menambah semarak suasana.

Corporate Secretary MNC Grup Arya Mahendra Sinulingga mengatakan, pihaknya sengaja memberikan hiburan khusus bagi anak-anak di pengungsian untuk membantu menjaga mental para pengungsi sekaligus memberikan alternatif kegiatan yang bermanfaat. “Kami berusaha memberikan pendidikan melalui cara yang menghibur agar rasa trauma akibat bencana letusan Gunung Merapi bisa segera hilang,” terang Arya, kemarin.

Pendapat serupa disampaikan Corporate Communication MNCtv Tri Rezeki Ambarwatie. Menurutnya, anak-anak di pengungsian membutuhkan hiburan yang dekat dengan dunia mereka sehari-hari. “Nah, Upin-Ipin kami bawa karena merupakan tayangan MNCtv yang sudah sangat populer di kalangan anak-anak,” imbuh.

Kegembiraan anak-anak ini terlihat saat mereka menyaksikan langsung tokoh Upin-Ipin. Wajar jika anak-anak pun berebut memeluk badut Upin-Ipin yang tak henti menari dan bernyanyi bersama-sama. Sebagai informasi, kegiatan Edutainment MNC ini tidak hanya dilakukan di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Namun juga di beberapa pengungsian korban Merapi seperti di Magelang dan Klaten, Jateng.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini