nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PDIP Desak KPK Usut Kasus Century

Tri Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2011 17:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 07 16 339 480665 n9ZGkgJdEP.jpg Tjahjo Kumolo

JAKARTA- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menegaskan akan mendorong penegak hukum untuk menuntaskan kasus Century. PDIP juga setuju adanya hak menyatakan pendapat DPR jika penegak hukum dirasa tidak bisa mengusut tuntas kasus tersebut.

"Kita tetap akan mengusut dan menuntaskan Century sampai kapan pun karena menyangkut keuangan negara dan harga diri bangsa. Kami ingin menuntaskan penegakan hukum yang berkeadilan," ujar Ketua DPP PDIP, Tjahjo Kumolo di Jakarta, Sabtu (16/7/2011).

Dia mengatakan proses untuk mendorong agar kasus Century bisa diungkap terus dilakukan. Sekarang, proses politik sudah selesai tinggal menunggu proses hukum.

"Hasil Pansus itu kan, salah satu jalan keluar supaya ada kompromi politik. Sehingga pansus Century kesepakatan semua. Kalau pun ada perbedaan, tapi kan apa pun sudah diputuskan di paripurna DPR," ucap Tjahjo.

DPR, lanjutnya, tidak akan mengintervensi KPK, Kejaksaan dan Kepolisan dalam proses hukum kasus Century. Tapi fungsi pengawasan akan tetap dilakukan.

"Saya harus percaya bahwa Indonesia adalah negara hukum. Pasti KPK, Kepolisian, dan Kejaksaan dalam menegakan hukum yang berkeadilan, entah kapan apakah sampai 2014 belum selesai tapi yakin setelah itu akan tetap terbongkar," tukasnya.

Beberapa waktu, Pansus Century telah bertemu KPK, namun Tjahjo enggan menyebutkan hasil pertemuan dengan KPK.

Ketika ditanya terkait hal itu, Tjahjo enggan untuk mengungkapkannya. "Wah mohon maaf itu pertemuan tertutup. Yang berhak berbicara adalah KPK, bukan masing-masing fraksi di DPR. Semua sudah sepakat itu rapat tertutup," pungkasnya.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini