415 Napi Lowokwaru Urus e-KTP

Hari Istiawan, Okezone · Jum'at 20 April 2012 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 20 521 615315 cRq3Q7sSOJ.jpg Ilustrasi (okezone)

MALANG - Sebanyak 415 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP.

 

Proses pengurusan meliputi perekaman data sidik jari, iris mata dan foto diri, yang semua prosesinya dilakukan di dalam LP.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang, Muhammad Harris Anwar, identitas diri merupakan kewajiban warga negara, termasuk narapidana.

"Proses perekaman data diri menggunakan fasilitas e-KTP keliling," katanya, Jumat (20/04/2012).

Anwar menambahkan, fasilitas tersebut diturunkan untuk mendata warga yang tak bisa melakukan perekaman data diri di kantor kecamatan, seperti para narapidana atau warga yang menjalani rawat inap di rumah sakit, kaum manula dan warga dengan berkebutuhan khusus.

Selama proses pendataan, pihaknya mengaku mengalami kesulitan, seperti tidak adanya database Nomor Induk Kependudukan (NIK) sejumlah narapidana yang disimpan oleh Dinas Kependudukan. Sehingga membutuhkan waktu lama untuk melakukan pelacakan bagi narapidana yang tidak memilik NIK.

Pengurusan e-KTP di dalam LP itupun disambut baik oleh para narapidana. Menurut mereka, kartu identitas sangat penting jika mereka bebas nantinya.

”Saya sebentar lagi bebas, jadi perlu punya identitas," kata Ahmad Nur Wahyudi, yang mengku masa hukumannya tinggal tujuh bulan.

Masa pendataan e-KTP di Kota Malang, tersisa hingga 10 hari ke depan. Berdasarkan data, tersisa 15 persen warga yang belum mendaftarkan pembuatan e-KTP.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini