Share

"Ucapan Guruh Soal Mega Tak Nyapres Pendapat Pribadi"

Angkasa Yudhistira, Okezone · Minggu 27 Oktober 2013 03:34 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 27 339 887500 KkhT7UVJpt.jpg Megawati Soekarnoputri (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Wakil Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengaku bingung atas pernyataan Guruh Soekarnoputra bahwa sosok Megawati, Puan Maharani, dan Joko Widodo, selayaknya tak maju pada Pilpres 2014.

"Ya saya juga bertanya dengan adanya pernyataan dari Mas Guruh seperti itu, karena kalau kita melihat ketika berbicara kepentingan nasional, maka kita berbicara kriteria. Kalau kita melihat kriteria yang disampaikan di rakernas III saya melihat kepemimpinan yang disiapkan PDIP adalah kepemimpinan yang siap menghadapi krisis," kata Hasto usai acara diskusi Polemik Sindo Radio, di Cikini, Sabtu 26 Oktober.

Krisis negara yang dimaksudnya, adalah krisis sosial, ekonomi, dan  penyelenggaraan pemerintahan negara. Sehingga, Hasto menilai perlu adanya sosok pemimpin yang dapat menyelesaikan persoalan tersebut. "Sehingga perlu dikonfirmasi ke Mas Guruh," kata dia.

Hasto menegaskan yang diutarakan Guruh, merupakan pendapat pribadi dan tak ada perpecahan suara pada partai belambang banteng moncong putih itu.

"Kita tetap satu suara berkaitan dengan keputusan-keputusan yang sifatnya sangat strategis. Kalau berbicara dengan kepemimpinan dengan program-program partai, ya tiap anggota partai punya hak untuk berbicara di situ," tuturnya.

Diakuinya, ia belum mengonfirmasi pada Guruh secara langsung. Namun, Hasto menegaskan, mekanisme partai terkait penentuan capres dan cawapres sudah mengambil langkah-langkah terobosan yang positif.

"Dengan adanya kriteria nasional yang sangat kuat dan partai bertanggung jawab dalam menyiapkan calon pemimpin tersebut," tutupnya.

(tbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini