nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenang 65 Tahun Serangan Umum 1 Maret

Prabowo, Jurnalis · Sabtu 01 Maret 2014 10:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 03 01 510 948443 szRqdgVfRG.jpg (Foto: Danang Prabowo/Okezone)

YOGYAKARTA - Pasukan janur kuning yang dipimpin Letkol Soeharto melakukan penyerangan ke Benteng Vredeburg Yogyakarta. Mereka dengan gagah berani mengempur pasukan Belanda yang berada di dalam benteng.

Suara dar-der-dor terdengar keras di Pusat Kota Yogyakarta, pagi ini. Hal itu dilakukan untuk merefleksikan gambaran tentang peristiwa penyerbuan yang terjadi pada 1 Maret 1949 silam.

Ratusan pelajar sekolah mulai dari SD, SLTP, hingga SLTA terlihat antusias menyaksikan penyerbuan tersebut. Mereka menutup telinga karena suara dari petasan cukup keras.

"Suaranya keras sekali," kata Arin, salah satu siswa berseragam pramuka sambil menutup telinga dengan kedua tangannya, Sabtu (1/3/2014).

Pantauan Okezone, ratusan masyarakat mengikuti upacara dari berbagai unsur seperti TNI, Polri, dan Pemkot Yogyakarta. Selain dari pelajar, sejumlah pejuang kemerdekaan juga terlihat mengikuti upacara.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti memimpin upacara di depan Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 Yogyakarta. "Peristiwa Serangan Umum 1 Maret harus bisa membangkitkan rasa cinta pada bangsa dan negara," kata Haryadi.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini