nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kena Ukur Surbakti Diberhentikan dari Jabatan Bupati Karo

Akbar Dongoran, Jurnalis · Jum'at 11 Juli 2014 18:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 07 11 340 1011716 Px7zO6h729.jpg Kena Ukur (kiri) menerima SK Pemberhentian dari Gubsu (Akbar D/Okezone)

MEDAN - Setelah melewati proses pemakzulan yang cukup alot, Bupati Karo periode 2011-2016, Kena Ukur Karo Jambi Surbakti, resmi diberhentikan. Pemberhentian sesuai Surat Keputusan (SK) Presiden bernomor 57/P Tahun 2014 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumut Gatot Pudjo Nugroho di Medan, Jumat (11/7/2014) petang.

Atas pemberhentian tersebut, Wakil Bupati Terkelin Brahmana akan melaksanakan wewenang dan tugas Bupati Karo. Untuk selanjutnya, pengangkatan Terkelin Brahmana sebagai bupati defenitif akan dilakuan melalui mekanisme sidang DPRD setempat.

Gatot mengapresiasi kebesaran hati Kena Ukur yang hadir dan langsung menerima SK pemberhentiannya. “Kami atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengucapkan terimakasih atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memimpin Pemkab Karo,” ujar Gatot. 

Ia pun mengingatkan Pemerintah Kabupaten Karo bersama DPRD segera menyelesaikan penetapan APBD Tahun 2014. “Segera laksanakan konsolidasi dan koordinasi guna efektivitas penyelenggaraan kerja-kerja pemerintahan di Kabupatan Karo, yang selama ini terkendala persoalan ini,” ujar Gubsu.

Kepada unsur FKPD dan semua pihak yang berkompeten, lanjutnya, diminta agar tetap menjaga situasi yang kondusif di Kabupaten Karo. “Demi terjaganya situasi aman dan kondiusif di daerah, saya minta kepada pendukung pemakzulan agar tidak berlebihan menyikapi terbitnya keputusan presiden ini,” imbuh Gubsu.

Sementara itu, Kena Ukur Karo Jambi yang langsung menerima surat itu, mengaku bingung. Meski menerima pemberhentian, namun ia masih tak mengerti alasan diberhentikan. “Apa salah saya, di dalam SK juga tidak ada alasan pemberhentian. Saya akan meminta waktu untuk bertemu Presiden, saya juga berhak membela diri," ujarnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini