Share

Telat Bayar Uang Kuliah, Maba UGM Dianggap Mengundurkan Diri

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 18 Juli 2014 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 18 373 1014824 vqNOkwTEQt.jpg Telat Bayar Uang Kuliah, Maba UGM Dianggap Mengundurkan Diri (Ilustrasi Foto : Okezone)

JAKARTA - Setelah dinyatakan lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014, tahapan Anda untuk terdaftar sebagai mahasiswa di PTN tersebut belum selesai. Anda masih harus melakukan registrasi sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing PTN.  

Direktur Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Sri Peni Wastutiningsih menyatakan, 2.171 calon mahasiswa UGM yang diterima lewat SBMPTN harus mengisi biodata dan membawa kelengkapan dokumen sesuai panduan yang telah ditetapkan. Baik kartu peserta SBMPTN hingga slip gaji orangtua/wali.

 

"Khusus Bidik Misi, tambahan dokumen yang harus diunggah  Surat Keterangan Tidak mampu yang mendapat pengesahan dari Camat atau Kartu Menuju Sejahtera atau Kartu Gakin dan sejenisnya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah. Selain itu disertakan foto rumah tampak depan dan foto calon mahasiswa bersama anggota keluarga," ujar Sri Peni, seperti dinukil dari laman UGM, Jumat (18/7/2014).

 

Untuk pelaksanaan daftar ulang, Sri Peni meminta mahasiswa baru yang diterima jalur SBMPTN datang ke Direktorat Akademik UGM pada 6-8 Agustus 2014. Dalam proses tersebut, calon mahasiswa wajib datang dan tidak bisa diwakilkan.

 

"Saat daftar ulang, mereka harus membawa bukti pembayaran, pas foto berwarna dengan latar belakang biru dengan pakaian formal dan wajah menghadap kamera ukuran 3x4 sebanyak tiga lembar, dan surat pernyataan bermaterai dan ditandatangani orangtua/wali yang berisi seluruh kewajiban yang telah dibayarkan tidak akan ditarik kembali atau dialihkan dengan alasan apa pun," imbuhnya

 

Selain itu, kata Sri Peni, mereka juga harus menyertakan surat pernyataan menaati seluruh peraturan yang berlaku di UGM bermaterai dan ditandatangani calon mahasiswa yang bersangkutan. Kemudian membawa surat keterangan sehat dari rumah sakit, puskesmas, atau klinik yang mendapat ijin dari pemerintah, serta fotokopi Ijazah SMA/SMK/MA tahun 2012, 2013, atau 2014.

 

"Ya untuk ijazah ini menyesuaikan dengan tahun kelulusan yang bersangkutan. Bila sampai 8 Agustus 2014 pukul 17.00 WIB, peserta tidak juga melakukan registrasi, kami beranggapan calon mahasiswa melepaskan haknya sebagai mahasiswa Program Sarjana UGM tahun akademik 2014/2015," tegas Sri Peni.

 

Tahun ini, UGM menerima 2.171 mahasiswa melalui jalur SBMPTN. Dari jumlah tersebut, sebanyak 285 mahasiswa merupakan penerima beasiswa Bidik Misi.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini