nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Ajak Wamen PU Blusukan ke Ciliwung

Aisyah, Jurnalis · Selasa 26 Agustus 2014 13:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 08 26 500 1029914 Iu7CbVCygs.jpg Jokowi Ajak Wamen PU Blusukan ke Ciliwung (Foto: Aisyah/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) melakukan pemantauan terhadap alat bor sodetan kali Ciliwung bersama Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU), Herman Dardak dan Kepala Dinas PU Manggas Rudi di Cipinang, Jakarta Timur.

Pantauan Okezone, Selasa (26/8/2014) di lokasi terdapat dua alat bor besar berwarna-warni yang akan digunakan untuk melakukan pengeboran sodetan kali Ciliwung. Pengeboran sodetan Kali Ciliwung menuju Banjir Kanal timur ini baru akan dilakukan bulan ini.

"Ini sodetan menuju banjir kanal Timur. Ini memang sudah dimulai. Tapi yang jelas alat bor sudah ada di sini," Kata Jokowi di lokasi.

Dia juga mengklaim, masalah pembebasan lahan untuk sodetan Kali Ciliwung sudah selesai.

"Pembebasan lahan disini (Cipinang) sudah, yang ditengah enggak ada masalah, tapi memang pembebasan lahan yang di Jatinegara baru dimulai. Ini persoalan banjir yang dialami sebagian bisa di solusikan lewat sodetan Ciliwung ke BKT," jelasnya.

Dia menjanjikan, sodetan Kali Ciliwung akan selesai dalam waktu setahun. "Setaun rampung," ujarnya.

Sementara itu Wakil Menteri PU, Hermanto Dardak mengungkapkan, secara fisik, pengeboran sodetan Ciliwung sudah berjalan 30 persen.

"Kapasitas yang bisa diberikan 60 meter kubik per detik. Lebih dari sepuluh persen dari banjir yang probabilitasnya terjadi di Ciliwung," tuturnya.

Dia mengungkapkan, proyek sodetan Ciliwung memakan anggaran sekira Rp500 miliar dimana direncanakan selesai tahun depan.

"Proyek harganya Rp500 miliar. Dari Ciliwung ke Cipinang yang langsung masuk ke BKT. Jadi kita melihat kapasitas di sini lebih besar kalau ditambah 60 meter per detik," tukasnya.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini