nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengunduran Diri Jokowi Diurus Setelah Kelengkapan DPRD Rampung

Angkasa Yudhistira, Jurnalis · Selasa 16 September 2014 18:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 09 16 500 1040048 SGaR9faJZ7.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Ketua DPRD DKI sementara, Jhonny Simajuntak, menjelaskan, pihaknya akan mengurus surat pengunduran diri Joko Widodo (Jokowi) sebagai Gubernur DKI setelah alat kelengkapan DPRD DKI lengkap.  

 

"Itu (surat pengunduran diri Jokowi) akan datang setelah pimpinan DPRD terbentuk dan alat kelengkapan dewan terbentuk," ujar Jhonny di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (16/9/2014).

 

Pasalnya, hingga saat ini DPRD DKI baru mengumumkan para pimpinan Wakil Rakyat Kebon Sirih, belum ada pelantikan resmi dari Menteri Dalam Negeri. "Karena enggak mungkin DPRD sementara yang memimpin itu," terangnya.

 

Dijelaskannya, setelah susunan pimpinan dan ketua fraksi DPRD diumumkan, selanjutnya akan diserahkan ke Mendagri. Mendagri juga bertugas untuk mengesahkan rancangan tatib yang diumumkan pada sidang paripurna siang tadi.

 

"Secepatnya, besok akan kita kirim hasil paripurna ini. Nanti sesudah itu kita akan ada pelantikan, pimpinan DPRD yang definitif. Oleh pimpinan DPRD sementara memimpin acara dulu. Sambil nanti serah terima," ulasnya.

 

Politisi PDI Perjuangan itu menargetkan, pelantikan pimpinan DPRD DKI akan digelar 22 September 2014.

 

"Nanti mereka akan mengesahkan tatib tadi karena ini kan baru rancangan. Dia (Ketua DPRD definitif) yang akan memimpin yang akan menyusun kelengkapan dewan. Seperti komisi, badan-badan," tandasnya.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini