nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesan Pertama Paspampres Ikut Blusukan Jokowi

Aisyah, Jurnalis · Selasa 26 Agustus 2014 14:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 08 26 500 1029952 IvVZ8bGtGa.jpg Kesan Pertama Paspampres Ikut {Blusukan} Jokowi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) RI hari ini menjalani aktivitas blusukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk pertama kalinya. Ada sekira 10 Paspampres berbadan tinggi besar yang mengelilingi presiden terpilih itu.

Selain Paspampres, ada sekira belasan motor dan mobil Polisi Militer yang juga mengikuti kendaraan Jokowi beserta rombongan.

Bahkan, usai blusukan dari wilayah Cipinang, sesampainya di lokasi selanjutnya di Waduk Rawa Kendal, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, ada salah satu Paspampres yang tampak membagi-bagikan buku kepada anak-anak di sekitar lokasi.

Salah satu Paspampres, Mayor Anan, mengungkapkan bahwa blusukan ala Guberur yang dia ikuti sudah menjadi bagian dari tugas yang harus dijalani.

"Perintahnya (Jokowi) adalah SOP yang dipegang dan harus dilaksanakan. Ke mana Bapak (Jokowi) pergi, kita ikuti," kata Anan di Rorotan, Cilincing, Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Dia mengakui Tim Paspampres diharuskan melakukan penyesuaian terhadap karakter pejabat yang mereka kawal setiap harinya.

"Ini etika terhadap presiden, ada simulasi. Kita sesuaikan dengan karakter Bapak (Jokowi)," ujarnya.

Namun, Jokowi menilai para Paspampres yang baru melakukan pengawalan kurang dari seminggu masih melakukan penyesuaian.

"Belum (tahu teruji apa tidak), kan masih baru. Ini yang pertama," jelasnya. 

Kehadiran Jokowi di Waduk Rawa Kendal adalah untuk memantau pengerukan di waduk wilayah Cilincing Jakarta Utara itu. Tampak tiga ekskavator yang tengah melakukan pengerukan. Beberapa warga pun antusias menyambut Jokowi dan saling berebut untuk bersalaman dengan presiden terpilih itu.

"Ini rencana total 50 hektare. Ini baru 21 hektare, ini masih baru. Sambil membebaskan (lahan) sambil mengerjakan," ujar Jokowi.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini