nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Emas untuk Si Calon Arsitek

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Minggu 07 September 2014 15:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 09 06 560 1035272 1OEtGkK7cJ.jpg Emas untuk Si Calon Arsitek (Foto: dok. okezone)

LOMBOK - Sejak masih di bangku SMP, Farhan sudah meminati dunia arsitektur. Dia pun membidik jurusan Arsitektur atau Teknik Sipil sebagai pilihan studinya di kampus nanti.

Untuk mempersiapkan diri, Farhan memilih masuk SMK dan mengambil program studi Teknik Gambar Bangunan. Untuk mengasah kemampuan akademiknya, siswa SMKN 26 Rawamangun, Jakarta Timur itu mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Di Lombok, Farhan sukses menyabet medali emas di bidang Fisika Terapan.

"Alhamdulillah, senang banget," tutur Farhan ketika berbincang dengan Okezone di sela-sela acara penutupan OSN 2014 di Lombok, NTB, belum lama ini.

Farhan memang menyukai pelajaran dengan hitung-hitungan, khususnya Fisika. Dia tidak pernah suka pelajaran yang mengharuskannya menghafal.

Berbekal kesukaan itulah, Farhan mampu mengerjakan semua soal OSN dengan lancar. Emas pun dia raih.

"Sesuai harapan dan target sejak awal," ujarnya mantap.

Untuk meraih prestasi tersebut, Farhan berlatih intensif sejak memasuki semester baru di kelas XII. Menurut guru pembimbingnya, Komisari, pelatihan biasanya diberikan dalam sistem penjelasan teori dan dilanjutkan dengan latihan soal atau praktikum.

"Mendekati OSN, kami berlatih intensif setiap hari pukul 08.00 hingga 14.00 di sekolah. Memang ada dispensasi untuk persiapan lomba," ujar Komisari.  

 

Bagi guru pendamping lainnya, Rusprihatini, emas ini merupakan sebuah kebanggaan. Apalagi, sejak dulu dia berharap siswa SMK juga mendapat kesempatan mengikuti olimpiade keilmuan seperti OSN.

"Kami sudah dua kali ikut OSN. Alhamdulillah bisa dapat emas," kata Rusprihatini.

Kesempatan Farhan dalam OSN sudah habis. Sebab, siswa yang sudah pernah mengikuti OSN tidak diperbolehkan mengikuti OSN tahun berikutnya; kecuali memilih bidang studi yang berbeda.

Tetapi, Farhan berencana mengikuti Lomba Keterampilan Siswa (LKS). "Nanti saya mau buat desain arsitektur menggunakan software Autocad," imbuhnya. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini