Image

Demo Harkitnas, Istana Negara Dikepung Mahasiswa

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 20 Mei 2015, 16:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 05 20 337 1152596 demo-harkitnas-istana-negara-dikepung-mahasiswa-CH3ErZmk0F.jpg (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dilakukan dengan aksi demonstrasi oleh berbagai elemen mahasiswa di Istana Negara.

Pantauan Okezone di lokasi, Jalan Medan Merdeka Utara ditutup total untuk kedua arahnya. Sementara jalan lainnya terpantau padat lantaran adanya demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa.

Penutupan jalan dilakukan di persimpangan Jalan Medan Merdeka Timur yang mengarah ke Istana. Sementara kendaraan yang melintas diarahkan untuk lurus ke Jalan Veteran. Penutupan juga dilakukan di Jalan Majapahit yang mengarah ke Istana. Kendaraan yang melintas diarahkan ke Jalan Abdul Muis.

Aksi ini terfokus di dua titik. Lebih dari 700 mahasiswa beraksi di depan Istana Negara. Dalam orasinya para mahasiswa meminta untuk turun dari jabatannya. Massa juga sempat membakar ban di tengah jalan. Namun, polisi dengan sigap segera meminta mereka memadamkan api agar tak menimbulkan kericuhan. "Kami kecewa dengan pemerintahan Jokowi-JK," kata salah seorang orator di depan Istana Negara, Jl Medan Merd‎eka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (20/5/2015).

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hendro Pandowo mengatakan, pihaknya mengerahkan 2.500 personel kepolisian dari Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat dan Polsek Gambir. Kawasan di depan Istana juga dikelilingi kawat berduri.

‎Sementara itu menurutnya, ada 15 kelompok yang telah meminta izin untuk menggelar aksi dalam rangka peringatan Harkitnas ini. Jika dijumlahkan, diperkirakan massa mencapai seribuan orang. "Mereka tidak hanya mahasiswa, ada buruh juga. Aksinya juga tidak hanya dalam rangka Harkitnas. Ada yang demo kepada perusahaan mereka menolak PHK," tutur Hendro.

Sementara Kanit Lantas Gambir, Kompol Mukidi, meminta seluruh masyarakat dapat menghormati aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa. "Sementara arus lalu linta dari Harmoni dialihkan ke Jalan Abdul Muis dan dari Gambir diarahkan ke Jalan Veteran," tukasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini