nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Agus Widjojo Resmi Jabat Gubernur Lemhanas

Gunawan Wibisono, Jurnalis · Jum'at 15 April 2016 16:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 15 337 1363951 agus-widjojo-resmi-jabat-gubernur-lemhanas-MDaCy6Gtsg.jpg Agus Widjojo saat dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Gunawan Wibisono/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo sebagai Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas), di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Surat pengangkatan Agus tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 43/TPA/2016 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Gubernur Lemhanas.

Dalam Keppres tersebut, berisi keputusan presiden mengangkat Letjen Agus Widjojo sebagai Gubernur Lemhanas terhitung sejak saat pelantikan tersebut, dan kepadanya diberikan hak keuangan dan administrasi setingkat menteri sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan.

Saat dilantik, Presiden Jokowi sempat menanyakan apakah Agus siap menerima jabatan yang telah diembankan kepadanya tersebut. Lantas Agus pun mengaku siap.

Setelah itu Presiden Jokowi pun membacakan sumpah yang diikuti oleh Agus Widjojo.

Berikut ini isi petikan sumpah jabatan tersebut.

Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia terhadap UUD 1945 dan setia akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya akan menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawab,"

Bahwa saya akan menjaga integritas tidak menyalahgunakan kewenangan dan menghindari dari perbuatan tercela.

Sekedar informasi, Agus Widjojo adalah putra dari almarhum Mayor Jenderal Sutoyo, salah seorang dari enam jendral yang terbunuh pada tanggal 30 September 1965. Ia sukses membangun karir militer seperti sang ayah. Agus Widjojo lulus dari Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia pada tahun 1970. Sebelum ditugaskan sebagai Kepala Staf Teritorial pada Panglima Komando TNI, ia merupakan Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat.

Jabatan militer terakhirnya sebelum memasuki masa purnawirawan pada tahun 2003 adalah sebagai Wakil Ketua MPR RI mewakili Fraksi Militer dan Kepolisian Nasional.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini