Jokowi Ternyata Anak Mapala, Ini Penampakannya

Gunawan Wibisono, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2016 13:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 03 337 1405382 jokowi-ternyata-anak-mapala-ini-penampakannya-DAwjZaWuJI.jpg Jokowi bersama temannya semasa menjadi mapala (Foto Istimewa)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang suka melakukan blusukan ke mana saja termasuk pelosok. Kegemaran itu ternyata sudah dilakukan Jokowi sejak masih kuliah. Maklum, ia merupakan mahasiswa pencinta alam (mapala) yang doyan naik gunung.

Baru-baru ini, beredar foto Jokowi saat masih kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta. Dalam gambar tampak 13 anak muda berpose dengan ‘gaya jadul’ memperlihatkan selembar bendera kuning. Di bawah bendera, terlihat seorang anak muda berkaus dan mengenakan sandal berjongkok. Rambutnya urakan. Itulah Jokowi muda.

Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961 itu, semasa kuliah memang hobi mendaki gunung. Dalam keterangan di foto tersebut, tertulis 'Ekspedisi Gunung Kerinci Tahun 1983 Mahasiswa Pencita Alam Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (Mapala Silvagama)'.

Wajar saja, saat menjadi Wali Kota Surakarta, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden RI, Jokowi tak pernah lelah melakukan blusukan, sebuah hal langka dan jarang dilakukan presiden-presiden sebelumnya yang sangat protokoler dan ‘kaku’.

Dalam foto tersebut, suami dari Iriana tampak santai memilih berpose di bawah bendera Mapala Silvagama. Penampilan Jokowi hanya berkaus hitam yang dipadupadankan celana jins dan bersendal jepit, sangat sederhana.

Koordinator Tim Komunikasi Presiden, Sukardi Rinakit, membenarkan jika foto tersebut adalah Presiden Jokowi sewaktu masih muda. "Iya (foto itu asli), itu sewaktu mereka mau mendaki ke Gunung Kerinci," ujar Sukardi, Jumat (3/6/2016).

Kerinci merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia atau pertama di Sumatera. Ketinggiannya mencapai 3.805 meter dari permukaan laut (mpl). Gunung Kerinci berada di wilayah Jambi, Bengkulu dan Sumatera Barat.

Sukardi mengatakan bahwa Jokowi merupakan alumnus mapala UGM. "Pak Jokowi dulu adalah anggota Mapala UGM," katanya.

(Baca juga: Jokowi Jadi Presiden Pertama Kunjungi Sebatik)

Jokowi muda memang gemar berpetualang ke pelosok negeri, mendaki gunung-gunung dan mendekatkan dirinya dengan alam. Sebuah kebiasaan yang terbawa hingga sekarang.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini