Dalam Setahun, Turki Tangkap 865 Komplotan ISIS dari Berbagai Negara

Ahmad Taufik , Okezone · Kamis 01 September 2016 03:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 01 18 1478247 dalam-setahun-turki-tangkap-865-komplotan-isis-dari-berbagai-negara-MBDWaktriP.jpg Pemerintah Turki di bawah kepemimpian Presiden Erdogan berhasil tangkap ratusan komplotan ISIS (Foto: Reuters)

ANKARA – Pemerintah Turki dilaporkan telah berhasil menangkap sebanyak 865 orang anggota ISIS sejak awal 2016. Mereka yang ditangkap mayoritasnya adalah warga asing. Informasi ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Turki Efkan Ala, dalam komentarnya yang disiarkan langsung melalui saluran televisi Turki.  

Dalam beberapa tahun terakhir, ribuan anggota ISIS dari berbagai negara termasuk Turki, Inggris, Eropa dan Amerika Serikat (AS) telah mengikuti gerakan Islam radikal ISIS di Irak dan Suriah. Sebagian besar mereka dilaporkan menuju Irak dan Suriah dengan melewati Turki. Demikian sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (1/8/2016).  

Merespons kegiatan ini, Pemerintah Turki kemudian bertindak keras guna mencegah anggota ISIS menyeberang ke Suriah dan Irak dengan negara mereka. Mereka berusaha menangkap para sindikat atau jaringan yang memfasilitasi perjalanan mereka selama ini.

Sejak diberlakukan tindakan tersebut, Turki telah menahan sebanyak 5.803 orang, di mana 2.200 orang adalah warga asing. Informasi ini sebagaimana disampaikan oleh Mendagri Turki, Afkan Ala. Namun demikian, Ala tidak memberikan rincian waktu tepat.

(FIK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini